Webinar Moderasi Beragama MAN 1 Yogyakarta, Kakanwil Ajak Hargai Kaum Minoritas


Webinar Moderasi Beragama MAN 1 Yogyakarta, Kakanwil Ajak Hargai Kaum Minoritas
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-30 20:26:16

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) – MAN 1 Yogyakarta menggelar Webinar Moderasi Beragama dengan mengusung tema Membangun Moderasi Beragama dan Penguatan Satgas Anti Radikalisme MAN 1 Yogyakarta, secara virtual melalui zoom meeting dan streaming Youtube MAN 1 Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung, Jumat (30/7/2021) diikuti para guru, siswa, dan pengurus komite sekolah.

Hadir sebagai narasumber Kepala Kanwil Kementerian Agama Dr. H. Masmin Afif, M.Ag dan Diplomat KBRI Riyadh Saudi Arabia Alumni MAN 1 Yogyakarta (1991) H. Muhtarom, Lc, MA. Dalam kesempatan tersebut Kakanwil mengapresiasi berbagai prestasi dan capaian yang berhasil diraih para siswa dan guru MAN 1 Yogyakarta juga terselenggaranya acara Webinar Moderasi Beragama siang ini.

Webinar Moderasi Beragama MAN 1 Yogyakarta, Kakanwil Ajak Hargai Kaum Minoritas

Webinar Moderasi Beragama MAN 1 Yogyakarta, Kakanwil Ajak Hargai Kaum Minoritas

Menurut Kakanwil, tema tersebut sejalan dengan kebijakan prioritas Menteri Agama poin pertama yakni penguatan moderasi beragama. “Terkait dengan itu nanti akan ada tahun moderasi beragama. Kita berharap program-program tersebut terus digaungkan. Terlebih DIY sebagai kota moderasi, kota toleransi, dengan keragaman adat dan budaya, keragaman agama,” tandasnya. “Harapannya bisa hidup berdampingan, bersatu padu, berkolabasi bersama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” harapnya.

“Untuk itu dalam penguatan program moderasi beragama, kami hadir dengan membawa tagline Kemenag Yogya Mempesona, terus membangun moderasi beragama,” imbuhnya Kakanwil. Membangun moderasi merupakan sebuah keniscayaan, hidup bersama berdampingan untuk terus melanjutkan dan mengisi pembangunan. Termasuk pandemi saat ini, kita harus saling bahu membahu. Penanganan Covid 19 bukan hanya tugas pemerintah tetapi seluruh elemen bangsa.

“Kebijakan pemerintah terkait PPKM Darurat Mikro dan Penetapan Wilayah dampak Covid 19 DIY masuk dalam level 4, maka kita harus terus mengkampanyekan 5 M,” terangnya. Ia mengimbau agar profil status whatsapp, facebook, instagram turut mensosialisasikan protokol kesehatan 5 M, vaksinasi dan isolasi mandiri. Kita harus berkontribusi dalam pengembangan, penanganan Covid 19. Dengan moderasi beragama kita akan bisa menghargai orang lain terlebih menghargai kaum minoritas.

Kakanwil menegaskan, ASN Kementerian Agama tidak boleh beraliran radikal. Hal ini sejalan dengan program prioritas Menteri Agama bahwa moderasi beragama menjadi hal prinsip.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil menyampaikan target pendidikan madrasah menyiapkan lulusan madrasah yang beriman, bertakwa kepada Allah SWT. Berkompetensi abad 21 dan mampu berkiprah di tengah masyarakat sebagai rahmatalil ‘alamin. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 51

Bagikan