Upaya Hadapi Pandemi, MTsN 5 Kulon Progo Gencarkan Sosialisasi SE Menag No 20 Tahun 2021


Upaya Hadapi Pandemi, MTsN 5 Kulon Progo Gencarkan Sosialisasi SE Menag No 20 Tahun 2021 Guru dan tenaga kependidikan memasang twibbon SE Menag No. 20 Tahun 2021 sebagai foto profil dan status WhatsApp.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-29 20:55:08

Kulon Progo (MTsN5KP) – Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021, mari kita lebih gencar menyampaikan informasi dan himbauan terkait penerapan Protokol Kesehatan 5M secara lebih ketat. Kepala Madrasah MTsN 5 Kulon Progo, Asnah Al Amien, S.Ag., M.S.I. menyampaikan hal itu saat memberikan pengarahan dan pembinaan melalui WhatsApp Group MTsN 5 Kulon Progo, Selasa (27/7/2021).

“Melihat kondisi pandemi saat ini yang belum juga reda, mari kita ikut andil dalam upaya penanggulangan Covid-19. Kita bisa mengacu pada SE Menag No. 20 Tahun 2021 yang isinya mengajak seluruh masyarakat untuk lebih gencar melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan 5M secara lebih ketat, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi rnobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan,” ajak Asnah.

Upaya Hadapi Pandemi, MTsN 5 Kulon Progo Gencarkan Sosialisasi SE Menag No 20 Tahun 2021

“Selain sosialisasi Prokes 5M, dalam surat edaran tersebut juga menghimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah. Lebih lanjut diterangkan bahwa tempat ibadah di kabupaten/kota pada wilayah Jawa dan Bali dengan kriteria level 3 dan level 4, tidak mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah/kolektif selama masa penerapan PPKM dan mengoptimalkan peribadatan di rumah,” imbuhnya.

MTsN 5 Kulon Progo melakukan berbagai upaya dalam mensukseskan sosialisasi SE Menag No. 20 tersebut. Yang pertama dengan menggelar Zoom Meeting yang diikuti seluruh guru, tenaga kependidikan, dan siswa MTsN 5 Kulon Progo, serta melibatkan pihak Puskesmas Samigaluh. Zoom Meeting ini juga disiarkan secara live  melalui kanal Youtube agar siswa yang tidak bisa mengakses Zoom tetap dapat mengikuti kegiatan sosialisasi.

Upaya yang kedua, seluruh guru, tendik, dan siswa MTsN 5 Kulon Progo memasang twibbon sosialisasi SE Menag No. 20 sebagai foto profil dan status di WhatsApp serta media sosial lainnya. Kemudian setiap guru maupun tenaga kependidikan menyampaikan himbauan melaksanakan Prokes 5M pada grup-grup WhatsApp yang dimiliki.

Sesuai dengan isi pendahuluan pada surat edaran, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan SE ini dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang saat ini mengalami peningkatan jumlah kasus dengan munculnya varian baru yang lebih berbahaya dan menular serta untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan peribadatan/keagamaan. Semoga dengan langkah ini benar-benar bisa segera memutus rantai penyebaran Covid-19. (mic/tnf)

Kontributor : MTSN5KP
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 22

Bagikan