PPKM Darurat, MAN 1 Bantul Selenggarakan Kurban dengan Prokes Ketat


PPKM Darurat, MAN 1 Bantul Selenggarakan Kurban dengan Prokes Ketat
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-29 13:17:33

Bantul (MAN 1 Bantul) – Pada saat pemberlakukan PPKM Darurat, peribadatan ditiadakan sementara dan dilakukan di rumah masing-masing. Sesuai Surat Edaran Menteri Agama, pelaksanaan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban dan dapat dilaksanakan di luar Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia asalkan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditentukan. Dengan pertimbangan tersebut, MAN 1 Bantul mengadakan pemotongan hewan kurban pada Kamis, (22/7/2021) di lapangan MAN 1 Bantul.


“Guna mengurangi kerumunan, kami menyelenggarakan pemotongan dengan prokes ketat, seperti penggunaan masker, penerapan physical distancing, dilaksanakan di area yang luas yaitu lapangan MAN 1 Bantul, dan hanya disaksikan oleh petugas dan sohibul kurban saja,” jelas Khoiriyatun, S.Pd., M.Sc. Kepala MAN 1 Bantul. 


Selain itu, petugas juga telah melalui pemeriksanaan dan pengukuran suhu tubuh dengan thermogun ketika memasuki lingkungan MAN 1 Bantul. “Selain cek kesehatan, petugas juga menggunakan alat-alat yang sudah dibersihan dan didisinfeksi terlebih dahulu supaya semua bebas dari virus corona,” tambah Noor Cholis, S.Ag., selaku ketua panitia kurban MAN 1 Bantul. 


Tahun ini, MAN 1 Bantul tidak mengadakan latihan kurban seperti pada tahun-tahun sebelumnya dengan melibatkan siswa karena pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, panitia kurban menyelenggarakan kurban dengan sohibul kurban dari guru-guru MAN 1 Bantul yang berjumlah 11 orang. Hewan yang dikurbankan adalah seekor sapi dan empat ekor kambing. Akan tetapi, untuk kambing diserahkan pada masyarakat sekitar pada Rabu (21/7/2021) sedangkan untuk kurban sapi dilaksanakan di madrasah pada Kamis (22/7/2021). (mry)

 

Kontributor : MAN 1 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 33

Bagikan