Doa Bersama MAN 5 Sleman, Kepala Kantor Kemenag Sleman Ajak Madrasah Aktif Kampanyekan Prokes 5M


Doa Bersama MAN 5 Sleman, Kepala Kantor Kemenag Sleman Ajak Madrasah Aktif Kampanyekan Prokes 5M Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Memberikan Sambutan dan Sosialisasi SE 20 Tahun 2021
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-28 12:25:17

Sleman (MAN 5 Sleman) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman yang beralamat di Jl. Magelang km.17 Ngosit Margorejo Tempel Sleman mengadakan doa bersama secara virtual untuk memohon kesehatan dan keselamatan bangsa dari pandemi Covid-19 yang semakin hari mengalami kenaikan kasus, Rabu (28/07/2021).

Kegiatan dengan tema ‘Doa Bersama MAN 5 Sleman, Menembus Pintu Langit untuk Keselamatan Bangsa’ tersebut dimulai pukul 09.00 melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung di kanal Youtube MAN 5 SLEMAN. Peserta doa adalah dewan guru dan karyawan, Pengawas Madrasah Kemenag Kab Sleman, para siswa, orang tua/wali siswa, dan pengurus komite. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, H. Sidik Pramono, S.Ag., M.S.I., berkenan hadir dalam acara tersebut. Setelah dibuka oleh pembawa acara, para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Doa Bersama MAN 5 Sleman, Kepala Kantor Kemenag Sleman Ajak Madrasah Aktif Kampanyekan Prokes 5M

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fuad menyampaikan dalam sambutannya sekaligus mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2021. “Agenda yang diikuti kurang lebih 1000 peserta ini mari kita ikuti dengan ikhlas agar pandemi covid segera dicabut dari bangsa kita Indonesia, tidak hanya mengikuti acara seremonial atau sekadar mengikuti instruksi atasan.” Tegasnya.

Aris menyampaikan SE No. 20 Tahun 2021 dan mengajak seluruh elemen MAN 5 Sleman untuk selalu menjaga Protokol Kesehatan 5 M secara ketat (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas), pembatasan kegiatan peribadatan di tempat ibadah umum, dan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro, mengingat wilayah Kabupaten Sleman masuk wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level-4.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, H. Sidik Pramono, S.Ag., M.S.I. dalam sambutannya mengatakan, “Kasus positif dan angka kematian akibat covid-19 di wilayah DIY terus meningkat. Kabar duka terus berdatangan setiap hari. Kenyataan dan fakta ini seharusnya menyadarkan kita bahwa pandemi di lingkungan sekitar kita masih berlangsung, bahkan terus meningkat. Mari berdoa dengan tulus agar covid 19 segera sirna dari Indonesia.”

Sidik juga mengajak seluruh elemen Kemenag Kab. Sleman, khususnya keluarga besar MAN 5 Sleman memberikan contoh dan mensosialisasikan SE Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 di masyarakat luas. Ia menambahkan, terutama untuk guru dan karyawan untuk secara aktif dan masif mengampanyekan SE Menag tersebut kemudian secara tertib melaporkan bukti telah melaksanakan sosialisasi ke atasan instansi masing-masing.

Sebelum doa bersama, diadakan pembacaan Ratibul Haddad. Ratibul Haddad adalah amalan yang berisi doa dan dzikir yang disusun oleh ulama asal Hadramaut, Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad al Haddad. Dipimpin oleh koordinator keagamaan madrasah, Munji Jakfar, S.Pd., M.Pd., para peserta dengan khusyuk mengikuti pembacaan Ratibul Haddad. Di temui di sela-sela doa bersama, Munji menyampaikan bahwa kegiatan membaca Ratibul Haddad di MAN 5 Sleman merupakan program rutin keagamaan madrasah, termasuk sebelum ada pandemi.

Seusai pembacaan Ratibul Haddad, Pengawas Madrasah Kemenag Kab. Sleman, Drs. H. Daryono, M.Pd., memimpin doa, dilanjutkan doa yang kedua oleh Penasihat Komite, Drs. KH. Mahmudi AF. Para peserta doa bersama-sama secara hidmat mengaminkan untaian doa yang dibacakan agar pandemi segera berakhir, para syuhada yang gugur karena covid-19 mendapat tempat terbaik di sisi Allah, dan saudara kita yang sedang sakit berjuang melawan covid segera diberi kesembuhan serta dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Andini Setiari, S.Si., guru MAN 5 Sleman mengaku merasa senang dapat mengikuti kegiatan doa bersama dari awal hingga berakhirnya acara, ia berharap semoga wabah segera berakhir dan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dapat segera dilaksanakan tanpa ada rasa khawatir terpapar penyakit.

Kegiatan Doa Bersama MAN 5 Sleman dapat disimak di alamat Youtube https://youtu.be/Pe2sa4nb7QA. (fat)

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 113

Bagikan