MAN 4 Bantul Umumkan Penjurusan Siswa di Akhir Kegiatan Matsama


MAN 4 Bantul Umumkan Penjurusan Siswa di Akhir Kegiatan Matsama Siswa perhatikan pengumuman jurusan secara online
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-28 11:48:40

Bantul (MAN 4 Bantul) – MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) memiliki cara yang berbeda dalam menentukan jurusan para siswa barunya. Biasanya siswa baru sudah dapat memilih jurusan ketika mendaftar di sekolah baru. Namun di Manembayo tidak demikian melainkan ada proses terlebih dahulu yang harus di lewati. Mereka baru akan mengetahui jurusannya ketika di akhir kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).

Pada pendaftaran siswa baru tidak ada menu jurusan yang harus dipilih. Siswa harus mengikuti rangakaian kegiatan yang disiapkan penitia Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB). Salah satu kegiatannya berupa tes IQ dan Psikologi. Tim Penjurusan yang dibentuk oleh kepala madrasah baru mengumumkan penjurusan di akhir kegiatan Matsama pada Rabu (14/07/21) sebelum mereka masuk kelas untuk mengikuti pembelajaran.

Kepala Manembayo Singgih Sampurno menjelaskan bahwa proses penjurusan yang berbeda dengan sekolah pada umumnya di anggap sebagai solusi terbaik. Ia menilai terkadang siswa tidak memperhatikan jurusan yang mereka pilih saat mendaftar tetapi yang penting diterima. Sehingga pada perjalannya banyak yang kurang seamngat belajar karena salah jurusan. “Pertimbagan kami melakukan penjurusan di akhir adalah agar siswa menyadari kemampuannya,” ujar Singgih. (uun)

Tetap Sehat dan Tetap Semangat Lawan Covid-19

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 70

Bagikan