Kakanwil Instruksikan Seluruh ASN Kemenag DIY Sosialisasikan SE 20 dan 21 Menag Tahun 2021


Kakanwil Instruksikan Seluruh ASN Kemenag DIY Sosialisasikan SE 20 dan 21 Menag Tahun 2021
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-07-28 11:22:49

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag, instruksikan kepada seluruh jajaran ASN Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY untuk mematuhi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 dan 21 Tahun 2021. “Semua ASN Kemenag DIY wajib mematuhi isi edaran dan menyosialisasikan minimal dalam tiga kegiatan,” tandas Kakanwil saat Rakor Bagian Tata Usaha, Rabu (28/07/2021). Rakor dipandu oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag DIY, H. Arief Gunadi, S.Ag, M.Pd.I, dihadiri jajaran Kasubbag, jabatan fungsional tertentu (JFT) dan jabatan fungsional umum (JFU) pada Bagian Tata Usaha.

Menurut Kakanwil, esensi dari dua edaran Menteri Agama tersebut adalah pelaksanaan protokol kesehatan 5M dan untuk sementara waktu peribadatan dilakukan dari rumah. “Tiap ASN punya tanggung jawab moral untuk menyampaikan hal ini kepada lingkungan sekitar,” tegas Kakanwil. 

Kakanwil Instruksikan Seluruh ASN Kemenag DIY Sosialisasikan SE 20 dan 21 Menag Tahun 2021

“Kita mengetahui bersama bahwa pada masa perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro wilayah Jawa-Bali, DIY berada pada level 4, maka kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah/kolektif selama masa penerapan PPKM ditiadakan dan mengoptimalkan peribadatan di rumah,” urai Kakanwil. “Ketentuan ini jelas berlaku sejak 26 juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang,” sambungnya.

Kakanwil menilai, dalam ajaran agama, menjaga nyawa (hifdzun nafs) dan menjaga keturunan (hifdzun nasl) adalah hal yang mesti diperjuangkan. “Dalam kaidah kita mengenal ‘Menolak mafsadat harus didahulukan daripada mengambil manfaat’ maka pada situasi seperti sekarang, marilah kita turut mencegah penyebaran Covid dengan cukup beribadah di rumah bersama keluarga inti,” jelas Kakanwil. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 132

Bagikan