Bimas Hindu Sosialisasikan SE Menag Nomor 20 Tahun 2021


Bimas Hindu Sosialisasikan SE Menag Nomor 20 Tahun 2021
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-07-27 19:24:57

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) - Menindaklanjuti hasil Sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 yang disampaikan Staf Khusus Menteri Agama RI dan Kepala Kantor Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (25/7/2021) lalu, Bimas Hindu Kantor Wilayah Kemenerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyelenggarakan Sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan 5 M dan Pembatasan Kegiatan Peribadatan/Kegiatan keagamaan di Tempat Ibadah pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan 4 Covid -19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dengan mengundang pengurus Lembaga agama dan Keagamaan Hindu se Daerah Istimewa Yogyakarta, Pengurus Pokjaluh Agama Hindu Daerah Istimewa Yogyakarta serta Pengurus KKG dan MGPM Guru Pendidikan Agama Hindu Daerah Istimewa Yogyakarta  jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 99 orang.

Bimas Hindu Sosialisasikan SE Menag Nomor 20 Tahun 2021

Pembimas Hindu Mugiyani menyampaikan bahwa pada masa Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini  yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan keselamatan diri kita, keluarga kita dan saudara–saudara kita dari penularan Virus Covid 19. "Virus Covid 19 yang mewabah di Indonesia adalah merupakan Virus Covid 19 varian baru yang disebut varian delta. Vius ini sangat cepat penularannya  sehingga kita harus  selalu berhati–hati dan waspada menyikapi situasi yang tidak nyaman ini," ungkapnya.

Mari kita menjaga imunitas tubuh kita dengan asupan makanan yang bergizi, menjaga pikiran dan mental kita agar kita selalu berpikir  positif, tidak perlu cemas, resah, dan rasa ketakutan. Mari  kita  disiplin  menerapkan protokol kesehatan dengan gerakan 5 M : 

Memakai masker  dimana pun kita berada baik di rumah maupun di luar rumah

Mencuci tangan dengan sabun 

Menjaga jarak 

Menjauhi kerumunan

Membatasi mobilitas dan interaksi sosial

Pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) level 3 dan 4 , sebagai umat beragama yang baik  kita  wajib mematuhi dan mentaati peraturan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah. Khususnya SE Nomor 20 Tahun 2021  Untuk sementara tempat ibadah / Pura ditutup dulu, kita melaksanakan sembahyang di rumah saja, baik sembahyang rutin  maupun hari –hari Purnama, Tilam ratri, Piodalan, atau  hari besar agama Hindu lainnya.   oleh Karena itu  pada masa PPKM  untuk sementara umat Hindu harus bisa mengendalikan diri  untuk  tidak melakukan aktifitas yang membahayakan diri kita maupun orang lain,  mengurangi mobilitas dan interaksi sosial. Bekerja dari rumah dan berdoa dari rumah. 

Harapan kami  setelah selesai  acara Sosialisasi  Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 dimohon Kepada pengurus Lembaga agama dan Keagamaan Hindu se Daerah Istimewa dapat menyebar luaskan  informasi ini kepada Keluarga,  sahabat , anggota organisasi maupun seluruh masyarakat yang ada di sekitar  kita , agar semua bisa mentaati dan mematuhi peraturan tersebut dan bisa berkontribusi untuk memutus rantai penyebaran Virus Covid 19.

“Om Sarve Bhavantu Sukinah, Sarve Santu Niramayah. Sarve badrani pasyantu, Ma kascit dukha bhag bavet, Om Loka samasta sukhino bhavantu”

Semoga semua mahkluh hidup berbahagia

Semoga semua diberikan kesehatan 

Semoga semua mendapatkan keberuntungan

Semoga tidak ada yang mengalami kesedihan

Semoga damai dimana mana

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 69

Bagikan