Ukur Kemampuan Awal Siswa, MTsN 3 Sleman Gelar Pre-Test


Ukur Kemampuan Awal Siswa, MTsN 3 Sleman Gelar Pre-Test Andika Evan Saputra siswa kelas VII C MTsN 3 Sleman usai mengerjakan pre-test
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-27 13:38:49

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Mengetahui kemampuan awal siswa terhadap suatu mata pelajaran merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui kemampuan awal peserta didik, guru akan dapat menentukan cara penyampaian pembelajaran dan menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal peserta didik. Menyadari hal tersebut, MTsN 3 Sleman bekerjasama dengan Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa menggelar pre-test kemampuan Bahasa Inggris untuk kelas VII. Pre-test ini dilaksanakan secara online pada Selasa, 27/7/2021.

Melalui pesan pribadinya, Kepala MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag menyambut baik dilaksanakannya pre-test ini. “Pre-test ini dilaksanakan untuk memetakan kemampuan anak dalam mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga guru bisa menerapkan strategi mengajar dengan tepat. Upaya perbaikan pelayanan pembelajaran harus terus dilakukan MTsN 3 Sleman guna memenuhi tuntutan perkembangan zaman yang begitu cepat,” tulis Kamad.

Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum Mulyono, S,Pd, MA menyampaikan bahwa pretest dilaksanakan bukan untuk kepentingan siswa melainkan untuk kepentingan guru. “Hasil pre-test bisa dimanfaatkan untuk menentukan strategi pembelajaran, sebagai evaluasi pembelajaran (setelah mendapatkan pembanding dari post-test), dan sebagai langkah untuk mendapatkan informasi tentang intake yang selanjutnya dapat digunakan sebagai variable untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Yang terpenting adalah follow up atau pemanfaatan hasil pre-test tersebut dalam mendesain strategi pembelajaran yang akan dilakukan guru,” tegas Mulyono. Lebih lanjut, Mulyono berpesan kepada peserta pre-test agar tidak merasa terbebani dengan pre-test hari ini namun peserta diminta untuk menjadikan hasil pre-test sebagai pelecut semangat sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik lagi pada saat post-test nantinya.

Ditempat yang berbeda, dosen Pendidikan Bahasa Inggris UST Hazairin Eko Prasetyo, M.S. menuturkan bahwa hasil pre-test akan segera diolah, dianalisa dan kemudian dilaporkan kepada MTsN 3 Sleman.  “Kami akan segera mengolah hasil, menganalisa dan kemudian memberikan rumusan tindak lanjut yang harus dilakukan oleh guru mata pelajaran dan madrasah,” tutur Eko.

“Sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII MTsN 3 Sleman, saya sangat merasa terbantu dengan adanya kerjasama dengan UST untuk pelaksanaan pre-test ini. Semoga nantinya, kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris baik daring maupun luring bisa dilaksanakan dengan strategi pembelajaran yang tepat dan peserta didik mampu untuk bekerjasama sehingga kami bisa mencapai target bersama,” ujar Deti Prasetyaningrum, S.Pd guru MTsN 3 Sleman. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 407

Bagikan