Sosialisasi SE Menag Nomor 20, Kemenag DIY Gandeng Pemda, Tokoh Agama dan Ormas


Sosialisasi SE Menag Nomor 20, Kemenag DIY Gandeng  Pemda, Tokoh Agama dan Ormas
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-07-26 20:39:16

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) – Agar mampu melakukan sosialisasi Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 20 tahun 2021 secara masif kepada masyarakat, Kemenag DIY menggelar koordinasi dengan Pemda DIY, tokoh agama, serta organisasi kemasyarakatan (Ormas), Senin (26/7/2021). Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom dan dihadiri langsung Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. Masmin Afif, M.Ag.

 

Dalam laporannya, Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag DIY, H. Arief Gunadi, M.SI. menyebutkan kegiatan digelar sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan 5 M dan Pembatasan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan Level 4 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali serta pada masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro. Menurut Arief, koordinasi penting dilakukan agar dalam pelaksanaan di lapangan terdapat kesepahaman dan bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

 

Senada dengan Kabag TU, Kakanwil Masmin Afif juga menyebut pentingnya koordinasi antara Kemenag DIY, Pemda DIY, tokoh agama dan tokoh masyarakat agar proses sosialisasi berjalan dengan efektif. Ia pun mengungkapkan untuk menangani pandemi saat ini membutuhkan peran berbagai lapisan masyarakat. “Kami mengajak agar semua tokoh agama, Ormas keagamaan, maupun tokoh masyarakat bisa memberikan sumbangsih dalam menanggulangi Covid-19 sesuai dengan proporsi masing-masing,” ungkapnya.

 

Masmin juga menyambut baik atas kesediaan Pemda DIY dalam melakukan kerjasama sosialisasi SE Menag Nomor 20 Tahun 2021. Menurutnya sinergi penting untuk dilakukan demi kepentingan masyarakat. “Kami berterima kasih kepada Pemda DIY yang telah memberikan respon positif dan berharap terus terjalin komunikasi yang baik dalam penanganan pandemi ini,” imbuhnya.

 

Selain Kakanwil, hadir juga sebagai narasumber Sekda DIY R Kadarmanta Baskara Aji. Acara diikuti Kasubbag Ortala dan Kerukunan Umat Beragama Dr. Nur Ahmad Ghojali, Kasubbag Umum dan Humas Abd Su'ud, MSI. perwakilan Ormas Keagamaan, tokoh agama serta tokoh masyarakat yang ada di DIY. Secara resmi Kemenag DIY mengundang lebih dari 30 perwakilan untuk menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Karena SE Menag Nomor 20 tahun 2021 tidak hanya berlaku bagi aparatur sipil Negara (ASN) Kemenag melainkan juga terkait dengan tempat ibadah, dan kegiatan keagamaan di masyarakat. [eko]

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 95

Bagikan