MTs Muh Sodo Gelar, MPLM Wahana Sosialisasi Gerakan Madrasah Ramah Lingkungan


MTs Muh Sodo Gelar, MPLM Wahana Sosialisasi Gerakan Madrasah Ramah Lingkungan siswa membuat poster ramah lingkungan memanfaatkan bahan alam
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-23 10:07:48

Gunungkidul (MTs Muh Sodo) - MTs Muhammadiyah Sodo mengawali kegiatan tahun pelajaran 2021/2022 dengan Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah yang berlangsung dari tanggal 12 juli sampai dengan 16 Juli 2021. MPLM merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di madrasah dalam menyambut kedatangan siswa baru. MPLM dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MPLM juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di madrasah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di madrasah.

MPLM kali ini dilaksanakan secara daring, karena kondisi masih dalam masa PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Meski demikian siswa mengikuti kegiatan MPLM secara daring dengan antusias, terbukti dengan terpenuhinya presensi melalui google form selama lima hari, juga pengiriman tugas yang lengkap. Salah satu materi yang disampaikan yaitu “Sosialisasi Gerakan Madrasah Ramah Lingkungan”. MTs Muhammadiyah Sodo sejak tahun 2020 telah mengemban amanah dari Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul dan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Gunungkidul untuk mewujudkan madrasah adiwiyata. Melalui program adiwiyata itulah maka di tahun ke-2 MTs Muhammadiyah Sodo mencetuskan Gerakan Madrasah Ramah Lingkungan. Gerakan ini melibatkan peran aktif semua komponen madrasah diantaranya siswa, tenaga pendidik dan kependidikan, penjaga sekolah, komite, orangtua siswa, dan masyarakat sekitar madrasah.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang telah dilakukan Kegiatan inovasi, Jejaring kerja, Pengelolaan dan pemanfaatan sampah, Peringatan Hari besar Lingkungan Hidup, Pembibitan, penanaman dan pemeliharaan tanaman sayur buah dan apotek hidup, Tamanisasi dan budidaya ikan, Konservasi energi, Konservasi air, Kebersihan sanitasi dan drainase, Rencana aksi, Pembentukan kader adiwiyata, Kampanye dan publikasi.Kegiatan - kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan karakter kepedulian terhadap lingkungan, yang harus terus di lakukan secara berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan program gerakan madrasah ramah lingkungan tahun ini, maka ditetapkan empat komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh yaitu Kebijakan Berwawasan lingkungan, Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan Pengelolaan sarana pendukung Ramah lingkungan. Adapun prinsip dasar pelaksanaannya adalah edukatif, partisipatif dan berkelanjutan.  Sosialisasi pada kegiatan MPLM melalui daring, siswa diajak untuk melihat kegiatan peduli lingkungan pada tayangan youtube madrasah, IG dan juga FB selain itu siswa juga diminta untuk membuat mading bertema “Pelestarian Lingkungan." (ant)

Kontributor : MIN1YK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 78

Bagikan