Pimpin Rapim, Kakanwil Sampaikan 10 Poin Penting


Pimpin Rapim, Kakanwil Sampaikan 10 Poin Penting
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-07-21 14:34:02

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) – Kakanwil Kemenag DIY Dr. H. Masmin Afif, M.Ag didampingi Kabag Tata Usaha H. Arief Gunadi, S.Ag, M.Pd.I pimpin Rapat Pimpinan yang digelar Rabu (21/7/2021) secara luring di Ruang Rapat PTSP Kanwil Kemenag DIY dan secara daring melalui zoom meeting. 

Kakanwil meminta jajarannya untuk selalu mensosialisasikan tagline Kemenag DIY yakni Membangun, Moderasi, Profesional, Normatif, dan Akuntabel akronim dari kata MEMPESONA. “Tagline ditampilkan di setiap kegiatan dalam rangka meningkatkan layanan pada masyarakat untuk membangun moderasi beragama,” tandas Kakanwil. Ia juga mengingatkan untuk mengawali tugas, harus disiapkan KOPI kepanjangan dari kat Kerja Keras, Optimis, Pantang menyerah, dan Integritas.

Pimpin Rapim, Kakanwil Sampaikan 10 Poin Penting

Pimpin Rapim, Kakanwil Sampaikan 10 Poin Penting

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil menyampaikan sepuluh poin penting. "Pertama, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri, Gubernur, dan Surat Edaran Menteri Agama bahwa saat ini, kita tengah melaksanakan WFH (Work From Home) artinya bekerja dari rumah," tegasnya. Kata kuncinya bekerja. Kita bekerja tentu membutuhkan Teknologi Informasi dalam hal ini handphone. “Kerja pimpinan, kerja dengan koordinasi dan komunikasi. Jadi maksimalkan fungsi handphone untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para bawahan,” tandasnya.

Kakanwil menegaskan, seluruh pegawai memegang peranan penting demi suksesnya Kementerian Agama. “Apapun posisi yang ditempati maka akan memberikan kontribusi sesuai dengan tugas dan fungsinya dengan baik,” ungkapnya.

Kedua, seluruh pimpinan unit kerja agar melaporkan rencana kerja sampai akhir bulan, dan di awal bulan akan dievaluasi dan dikoordinasikan. Ketiga, menyatukan langkah, gerak, dan persepsi seluruh pejabat yang ada di Kementerian Agama, agar program-program dapat cepat terealisasi.

Keempat, terkait dengan penyerapan anggaran. Saat ini setiap triwulan harus menyelesaikan anggaran dan melaporkan. Bulan Juni, sudah memasuki triwulan kedua. Harapannya, tepat anggaran, tepat mutu, dan tepat pelaporan

Kelima, terkait penilaian kinerja pegawai mulai 2021 seluruh ASN harus membuat 2 SKP. Semester pertama, penilaian dilakukan Januari-Juni. Semester kedua Juli-Desember. Untuk itu perlu diundang perwakilan terkait. “Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring dengan mengundang perwakilan masing-masing unit kerja. Harapannya langsung praktek secara teknis,” tandasnya.

Keenam, persiapan pembuatan video pendek untuk mengisi rumah IT Indonesia. Presiden Jokowi membuat rumah IT Indonesia, seluruh lembaga diberikan ruang dan tempat untuk memperingati HUT secara online. Untuk kegiatan ini Kabid Dikmad ditunjuk sebagai koordinator dan berkoordinasi dengan Kamad, tentang budaya lokal khas DIY.

Ketujuh, monitoring kinerja bawahan oleh pimpinan. Terkait keuangan, informasi teknologi, dan humas. Kedelapan, mulai membuat roadmap dan membagi tanggungjawab. “Mulai lakukan pemetaan dan penjadwalan yang riil,” imbuhnya.

Kesembilan, terkait dengan IT, di masa pandemi saat ini dunia IT memegang peran penting, untuk itu perlu dilakukan pendampingan agar ketika kita melakukan kegiatan yang melibatkan pihak di luar institusi kita, agar dapat tampil dengan baik.

Kesepuluh, segera melakukan langkah konkret terkait dengan Zona Integritas. Kanwil Kemenag DIY saat ini dalam posisi off, diupayakan tahun depan harus punya target WBK.

Hadir di ruang Rapat PTSP Kakanwil, Kabag Tata Usaha, Kepala Bidang, Pembimas, Kepala Subbag pada Kanwil Kementerian Agama DIY, JFT Analis Kebijakan, dan JFT Pranata Humas. Kegiatan ini juga diikuti jajaran Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se-DIY secara  daring. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 125

Bagikan