Pengurus OSIS MTsN 1 Yogyakarta Serahkan Baksos Hewan Qurban


Pengurus OSIS MTsN 1 Yogyakarta Serahkan Baksos Hewan Qurban Penyerahan hewan qurban MTsN 1 Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-20 05:28:05

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta)— Senin (19/07/2021) MTs Negeri 1 Yogyakarta (Matsayo) melaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos) berupa penyerahan hewan qurban. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pelayanan dan pengabdian madrasah bagi masyarakat sekitar di Hari Raya Idul Qurban 1442 H. Dana baksos ini diperoleh dari infak guru, dan pegawai, serta komite madrasah yang bekerjasama dengan para orang tua/ wali peserta didik madrasah.

Tahun ini Matsayo merayakan Idul Qurban berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya perayaan dilakukan dengan serangkaian kegiatan siswa bersama guru berupa praktik penyembelihan hewan qurban, lomba-lomba memasak dan lomba keagamaan, serta baksos. Kali ini saat situasi pandemi Covid 19 Matsayo hanya mengisi kegiatan Idul Adha dengan bakti sosial hewan qurban yang dibagikan ke beberapa masjid di lingkungan sekitar madrasah.

Pengurus OSIS MTsN 1 Yogyakarta Serahkan Baksos Hewan Qurban

Pengurus OSIS MTsN 1 Yogyakarta Serahkan Baksos Hewan Qurban

Pada tahun ini, Umat Islam merayakan Idul Adha tahun 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan 5M serta aturan penyembelihan dan pelaksanaan sholat Idul Adha di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ini bisa dijadikan sebagai momentum untuk menghayati dan mengaktualisasikan makna dan pesan-pesan esensi ibadah qurban dalam Islam. Dampak pandemi global yang menyebabkan masyarakat dan bangsa mengalami krisis ekonomi dan sosial menjadi momentum yang paling tepat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dan pesan ibadah qurban dalam realitas kehidupan.

Acara bakti sosial penyerahan hewan qurban ini diserahkan langsung oleh pihak madrasah yang diwakili oleh Imam Hidayat kepada ketua penyembelihan hewan qurban. Adapun masjid yang mendapatkan hewan qurban dari madrasah ada 4 masjid yaitu Masjid al Amanah, Masjid al Ittihad Kranon, Mushola al Barokah, Masjid Kawulo Gusti. Namun untuk penyerahan hewan qurban ke Mushola al Barokah langsung diserahkan oleh Valent Zalfais Islama sebagai ketua OSIS MTsN 1 Yogyakarta kepada ketua panitia qurban mushola tersebut. “Semoga pelaksanaan kegiatan baksos ini bisa mensyiarkan Islam rahmatan lil alamin dan tahun depan bisa lebih banyak lagi hewan qurban yang dibagikan,” ungkap Valent.

Kepala Madrasah, Muhammad Iriyadi, mengatakan , “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan acara baksos ini. Terutama kepada para guru, dan pegawai, serta komite madrasah yang telah ikut menyisihkan sebagian hartanya untuk mau berbagi di sama pandemi.”

Akhirnya kita semua berharap semoga di saat-saat yang istimewa ini. Allah SWT menerima taubat dan pengharapan kita dan Allah segera mengangkat segala musibah khususnya pandemi covid-19 yang telah menimpa bangsa dan negara ini. Allah kuatkan rasa persatuan dan jiwa kesetiakawanan sosial di antara kita agar negeri ini tetap tegar dalam menghadapi tantangan global di abad 21 ini. Aamiin. (tpm)

Kontributor : MTSN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 49

Bagikan