Keterlibatan Orang Tua, Lancarkan MTsN 6 Sleman Siapkan Sukses UN


Keterlibatan Orang Tua, Lancarkan MTsN 6 Sleman Siapkan Sukses UN
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-08 17:29:35

Sleman (MTsN 6 Sleman) – Kesuksesan siswa menghadapi Ujian Nasional tidak dapat diraih begitu saja tanpa peran serta orang tua. Untuk itu MTsN 6 Sleman selalu melibatkan wali siswa kelas 9 dalam  menghantarkan putra-putrinya meraih kesuksesan. Untuk lebih meningkatkan peran orang tua dalam membimbing putra-putrinya, MTsN 6 Sleman  mengadakan Achievement Motivation Training (AMT) khusus untuk orang tua siswa yang bertempat di Asrama Haji Jalan Ring Road Utara Yogyakarta, Sabtu (7/9).


AMT kali ini diisi oleh motivator handal Yogyakarta Nur Wahyudin Al Aziz. Mengawali acara, Kepala MTsN 6 Sleman Drs. H. Abdul Hadi, S.Pd, M.Pd.I membuka acara sekaligus memberikan sambutan Kepala Madrasah menjelaskan bahwa tujuan diadakannya AMT adalah untuk membangun sinergi yang baik antara madrasah dan orang tua siswa kelas 9 menuju sukses UN. Kesuksesan siswa terutama sukses UN harus direncanakan sejak awal karena sebuah kesuksesan tidak dapat diraih secara instan. "Dibutuhkan kerja sama yang baik antara madrasah dan orang tua sejak dini untuk mengawal proses belajar-mengajar menuju kesuksesan,” tegas Abdul Hadi di hadapan hadirin. 

Keterlibatan Orang Tua, Lancarkan MTsN 6 Sleman Siapkan Sukses UN

Keterlibatan Orang Tua, Lancarkan MTsN 6 Sleman Siapkan Sukses UN


Acara selanjutnya adalah pemaparan sekilas tentang prestasi UN MTsN 6 Sleman beberapa tahun di belakang sampai sekarang. Dipandu oleh Suwardi, MA dan diperlihatkan melalui layar LCD, orang tua bisa menyaksikan prestasi MTsN 6 Sleman yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Suwardi mengatakan bahwa MTsN 6 Sleman tidak pernah menyia-nyiakan amanah yang diberikan orang tua kepada madrasah. Hanya saja orang tua tidak bisa sekedar memasrahkan putra-putrinya pada madrasah tanpa memberikan perhatian, dukungan, saran maupun kritik. “Insha Allah, semakin baik kerja sama madrasah dan orang tua, semakin mudah kesuksesan didapat,” kata Suwardi singkat.


Acara inti AMT dimulai pukul 09.00 WIB, tepat setelah pemaparan tentang prestasi UN berakhir. Aziz menyampaikan paparannya dengan bahasa yang lugas sehingga mampu membakar semangat orang tua siswa yang hadir. Aziz dengan gayanya yang kocak meyakinkan orang tua bahwa saat ini menghadapi generasi X seusia anak-anak kelas 9, doktrinasi tidak efektif lagi untuk diterapkan. Orang tua dan guru harus mampu menjadi teman bagi anak-anak ini agar mereka nyaman. Dengan kenyamanan, sangat mudah bagi orang tua untuk memasukkan value pada anak-anak. “Untuk bisa memasukkan value yang baik, orang tua juga harus cerdas. Orang tua harus mau belajar bagaimana berinteraksi dengan remaja melalui berbagai sumber. Jangan hari-hari orang tua diisi dengan menonton sinetron terus, tapi juga membaca buku psikologi anak,” ungkap Aziz berkelakar.


Di akhir AMT, Aziz mengajak orang tua untuk datang ke madrasah sambil saling bertukar informasi dengan pihak madrasah. Dengan demikian segala kendala yang ada dapat terselesaikan dengan mudah sejak awal. Gaya berbicara yang santun namun mengena diselingi dengan gurauan lucu dari motivator handal ini membuat suasana AMT tidak membosankan.
     

Di akhir acara Ami Solichati salah satu wali siswa mengungkapkan rasa senangnya atas diadakannya AMT untuk para orang tua siswa. “Kami para orang tua menyambut baik dan mendukung semua program yang diadakan MTsN 6 Sleman. Kami siap membantu demi suksesnya anak-anak kami belajar. Semoga nanti anak-anak dapat meraih hasil yang baik,” lugas Ami. Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Komite MTsN 6 Sleman Joko Wahono. Semoga AMT orang tua ini menjadi awal kesuksesan siswa kelas 9 MTsN 6 Sleman. (luf)

Kontributor : MTSN6SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 265

Bagikan