Imbauan Kakanwil Kemenag DIY Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban 1442 H


Imbauan Kakanwil Kemenag DIY Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban 1442 H Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag.
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-07-17 20:23:36

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) – Untuk mendukung pelaksanaan PPKM Darurat di DIY, dan memperhatikan perkembangan data jumlah warga terpapar Covid-19 yang terus bertambah. Dalam pelaksanaan rangkaian Hari Raya Idul Adha, yang dikhawatirkan menimbulkan kerumunan dan berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Kepala Kanwil Kemenag DIY menyampaikan imbauan agar masyarakat DIY khususnya Umat Islam mematuhi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 tahun 2021 dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha, takbir dan penyembelihan hewan kurban.

 

Menurut Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. kepatuhan masyarakat khususnya Umat Islam terhadap surat edaran tersebut demi kenyaman dan keamanan dalam beribadah. Menurut data yang dikumpulkan dari hasil pemantauan pelaksanaan Shalat Jumat lalu, masih terdapat 42% masjid se-DIY yang belum mematuhi ketentuan dalam surat edaran tersebut.

 

Berikut secara di antara poin penting imbauan Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. dalam rangkaian pelaksanaan ibadah Idul Adha 1442 H/2021 M.

  1. Tetap menghiasi rumah dengan lantunan takbir, tahlil dan tahmid sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. dengan di rumah saja dan tidak melaksanakan iring-iringan takbir keliling dan sejenisnya.
  2. Melaksanakan Shalat Idul Adha bersama keluarga inti di rumah masing-masing, tidak perlu di masjid atau tanah lapang.
  3. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban harus mengikuti SE Menag Nomor 17 Tahun 2021 yakni di rumah pemotongan hewan, ruminasia. Hal ini lebih praktis dan lebih higienis. Ini adalah pilihan paling bijak dan rasional dalam melaksanakan ibadah di tengan pandemi Covid-19. Dan wujud nyata sumbangsih umat Islam dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di DIY yang meningkat tajam.
  4. Kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala KUA dan aparatur Kementerian Agama DIY untuk mengawal kebijakan Menteri Agama dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta selalu berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 pada tingkatan masing-masing untuk melakukan tindak-tindakan yang diperlukan. [eko]

Lihat Juga : Video Imbauan Kakanwil Kemenag DIY

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 663

Bagikan