Matsama Online MTsN 6 Kulon Progo Lancar dan Sukses


Matsama Online MTsN 6 Kulon Progo Lancar dan Sukses
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-15 07:58:58

Kulon Progo (MTsN6KP) – Masa taaruf siswa madrasah (Matsama) MTsN 6 Kulon Progo tahun 2021 dilaksanakan secara daring (online). Kegiatan matsama online ini menggunakan aplikasi Google Meet. Hal ini dilakukan menyesuaikan dengan edaran pemerintah pusat dan Kementerian Agama bahwa selama PPKM Darurat se-Jawa dan Bali pembelajaran dilakukan secara daring, maka kegiatan matsama menyesuaikan pula.

Kegiatan matsama online MTsN 6 Kulon Progo dibagi menjadi dua hari matsama. Hari pertama matsama diikuti dua kelas (64 siswa) bersama guru, pemateri, wali kelas, dan panitia. Begitu pula hari kedua matsama. Totalnya, sebanyak 128 siswa baru Kelas VII MTsN 6 Kulon Progo mengikuti matsama dengan baik.

Matsama Online MTsN 6 Kulon Progo Lancar dan Sukses

Pembukaan Matsama 2021 MTsN 6 Kulon Progo dilaksanakan Senin (12/7/2021) pukul 7.30 WIB. Sedangkan penutupan matsama, dilaksanakan hari berikutnya Selasa (13/7/2021). Kegiatan matsama dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet. Peserta didik, pemateri, guru, dan pegawai dapat mengikuti dan memantau jalannya matsama daring dengan aplikasi google meet dari komputer, laptop, ataupun ponsel pintarnya.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri, S.Pd., M.Si. dalam sambutannya membuka Matsama 2021 menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini kita harus lebih terampil memanfaatkan kemajuan teknologi dalam berbagai hal dan kegiatan positif. Baik dalam pembelajaran, maupun berbagai kegiatan bermanfaat lainnya.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini kita harus menjadi lebih terampil memanfaatkan kemajuan teknologi dalam berbagai hal dan kegiatan positif. Baik dalam pembelajaran maupun berbagai kegiatan bermanfaat lainnya. Kita harus mengikuti kemajuan teknologi dan menggunakannya dengan bijak. Semoga kegiatan matsama daring ini berjalan lancar dan sukses. Aamiin,” tuturnya.

Selaras dengan itu, Melilian Choiruddin, S.Ag. dalam laporan panitia PPDB dan matsama menyampaikan bahwa kegiatan tersebut yang semula akan dilaksanakan dengan tatap muka terbatas, dialihkan menjadi daring mengikuti kebijakan pemerintah pusat dan Kementerian Agama terkait PPKM Darurat se-Jawa dan Bali. Meilian juga meyampaikan bahwa untuk kelancaran pelaksanaan, matsama daring telah melalui tahap uji coba aplikasi dan perangkat bersama guru, pemateri, dan siswa baru pada hari sebelumnya.

Dalam penutupan matsama pada hari berikutnya, Kepala MTsN 6 Kulon Progo kembali menegaskan terutama kepada para siswa peserta matsama, bahwa di masa pandemi Covid ini kita harus lebih terampil memanfaatkan kemajuan teknologi dalam berbagai hal dan kegiatan positif. Baik dalam pembelajaran, maupun berbagai kegiatan bermanfaat lainnya. Kita harus mengikuti kemajuan teknologi dan menggunakannya dengan bijak. Selain itu beliau mengingatkan untuk selalu menjaga dan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari bahaya virus corona.

Matsama online ini bermaterikan pengenalan wawasan dan pengetahuan tentang iklim akademik di MTsN 6 Kulon Progo. Materi matsama ini antara lain: tata tertib dan visi misi MTsN 6 Kulon Progo, KBM dan kurikulum, kegiatan dan organisasi siswa, kesetaraan, anti diskriminasi, serta pengenalan kepala madrasah, kepala tata usaha, guru, pegawai dan segenap warga madrasah secara online. (asz/tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 47

Bagikan