Awali Tahun Ajaran Baru, MTsN 4 Bantul Selenggarakan Matsama


Awali Tahun Ajaran Baru, MTsN 4 Bantul Selenggarakan Matsama
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-12 20:28:21

Bantul (MTsN 4 Bantul)-Tahun Ajaran Baru 2021/2022 dimulai, MTsN 4 Bantul awali masuk dengan selenggarakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang berlangsung selama tiga hari yakni mulai Senin – Rabu Tanggal 12-14 Juli 2021. Pada Tahun ajaran baru ini matsama dilakukan secara virtual dengan menggunakan Zoom meeting dan google meet.

Matsama dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Siti Solichah, S.Pd dihadapan 230 siswa baru kelas 7. Matsama merupakan masa orinetasi siswa baru madrasah, dilaksanakan dengan  maksud untuk memperkenalkan lingkungan sekolah bagi siswa baru. Hal itu didasarkan pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru.

Awali Tahun Ajaran Baru, MTsN 4 Bantul Selenggarakan Matsama

Dalam peraturan menteri tersebut dijelaskan bahwa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana, dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa atau biasanya disebut dengan masa orientasi siswa umumnya bertujuan untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru serta menumbuhkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.

orientasi diartikan sebagai perkenalan, perkenalan ini meliputi lingkung­an fisik dan sosial sekolah. Lingkungan fisik sekolah di antaranya termasuk sarana dan prasarana yang tersedia serta fasilitas-fasilitas lain yang ada di sekolah. Adapun lingkungan sosial sekolah meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan selain guru, teman seangkatan, hingga peserta didik senior di sekolah. Karena itu, orientasi ini menjadi amat penting untuk dilaksanakan. Selain sebagai wadah untuk beradaptasi dengan lingkung­an sekolah, orientasi juga menjadi sarana awal bagi siswa untuk mengenali potensi diri dan juga pemicu semangat, motivasi, serta penanaman berbagai perilaku positif lainnya seperti disiplin, jujur, mandiri, saling menghargai, memiliki integritas tinggi, dan semangat gotong royong.

Pada kegiatan Matsama hari pertama Senin, (12/7/2021) ini, kepala madrasah menyampaikan, “Selamat datang kepada anak-anakku kelas 7 di MTsN 4 Bantul, madrasah unggul yang Tahun ini mendapat mandatori sebagai madrasah Riset, kami berharap kalian senang dan merasa bangga bisa diterima di MTsN 4 Bantul, karena saingan kalian sangat banyak yang berebut ingin masuk di madrasah ini. Yakinlah kalian dapat berhasil di madrasah ini melalui ketekunan dan rajin belajar kalian, “ujar Siti Solichah.

Matsama di MTsN 4 Bantul diisi dengan berbagai kegiatan seperti , pengenalan madrasah, kegiatan OSIS siswa, pengenalan tatib siswa, pengenalan sarana prasarana madrasah, Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan tahfidz dan pengenalan perpustakaan madrasah. Kegiatan dilaksanakan secara daring mengingat pandemic yang belum berakhir. (khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 72

Bagikan