Kabag TU Gelar Seminar Rancangan Aksi Perubahan


Kabag TU Gelar Seminar Rancangan Aksi Perubahan
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-07-08 21:16:52

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) - Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY, H. Arief Gunadi, S.Ag, M.Pd.I saat ini tengah mengikuti Pelatihan Kompetensi Administrator Angkatan 5. Salah satu agenda pelatihan yakni menggelar Seminar Rancangan Aksi Perubahan.

"Seminar tersebut mengusung tema Percepatan Transformasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Layanan Terintegrasi (SANTRI) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta," tandas Kabag Arief, Kamis (8/7/2021) 

Kabag TU Gelar Seminar Rancangan Aksi Perubahan

Dalam seminar mengupas konsep besar aksi perubahan yang terurai dalam dua poin. Pertama, sebagai program unggulan Kanwil Kemenag DIY dalam transformasi digital yang merupakan satu dari tujuh kebijakan prioritas Kementerian Agama tentang arah kebijakan Transformasi Digital.

"Kedua, terkait solusi kebutuhan masyarakat atau pengguna layanan dalam menyikapi tatanan normal baru masa pandemi Covid-19," imbuhnya.

Lebih lanjut Arief memaparkan makna SANTRI (Sistem Layanan Terintegrasi). Dimana SANTRI merupakan tools atau dashboard untuk mewujudkan layanan Prima (Layanan Pasti bukan Janji).

Menurut Arief, tools tersebut terbagi menjadi tiga layanan utama yakni: PECI , PESANTREN, dan PONDOK. Dalam hal ini PONDOK (Pelayanan Online Dokumen). Yakni layanan PTSP yang bisa mengakomodir kebutuhan persuratan secara online, dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

Sementara PECI sebagai layanan informasi public dari Kanwil Kemenag DIY yang menampilkan infografis.

Terakhir untuk PESANTREN yang bermakna menyampaikan pesan yang lagi ngetrend atau hot news pada masyarakat dalam bentuk pamphlet/poster dan sejenisnya.

"Semua layanan ini akan dilakukan secara bertahap, proyeksi jangka panjangnya dapat dimanfaatkan seluruh satuan kerja Kanwil Kemenag DIY, sehingga Kemenag DIY dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat meski secara online," pungkas Arief salam seminarnya. (mey/tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 92

Bagikan