Songsong MYRES 2021, MAN 1 Yogya Berikan Pembekalan dan Motivasi Riset


Songsong MYRES 2021, MAN 1 Yogya Berikan Pembekalan dan Motivasi Riset
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-01 06:26:41

Yogyakarta (MAN 1 YK)--MAN 1 Yogyakarta selenggarakan Pembekalan dan Motivasi Riset, Rabu (30/06/2021). Dengan menghadirkan Arya Daffa Danendra sebagai narasumber yang juga sebagai peraih medali emas pada kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) tahun 2019. Kegiatan pembekalan dan motivasi yang berfokus pada penelitian ini, mengambil tajuk “Menggali Motivasi Riset untuk Siap Songsong MYRES 2021”.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memacu siswa-siswi pemula untuk memiliki motivasi meneliti dan turut mengambil bagian dalam mewujudkan MAN 1 Yogyakarta sebagai salah satu madrasah riset yang ditunjuk oleh Dirjen Pendis,” pesan Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., saat membuka acara motivasi tersebut.

“Madrasah berharap riset ini menjadi ruh di MAN 1 Yogyakarta dan terus berkembang menjadi keunggulan madrasah”, ujarnya.

“Madrasah akan memberikan support penuh untuk mendukung riset yang dilakukan siswa”, imbuhnya.

Sementara itu, Arya Daffa Danendra menyampaikan pentingnya menumbuhkan budaya meneliti sedari dini, mengembangkan diri dan berprestasi, serta memberikan tips dan trik agar proses meneliti itu seru dan berkesan. Arya yang merupakan alumnus MAN 1 Yogyakarta Tahun 2020 ini, juga berbagi pengalaman meneliti selama ia duduk di bangku madrasah aliyah hingga bisa menorehkan prestasi di tingkat Internasional.

Arya juga menyampaikan pesan kepada siswa MAN 1 Yogyakarta agar semangat dan pantang menyerah dalam meneliti. “Budaya meneliti sangat bermanfaat dalam kehidupan dan turut berkontribusi dalam perjalanan studi lanjut di jenjang yang lebih tinggi” ujar mahasiswa Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada itu.

“Ambil setiap kesempatan mengembangkan diri dalam dunia penelitian. Nikmati setiap prosesnya dan kalian akan temukan bermacam pengalaman berharga untuk dikenang” pesan Arya ketika memotivasi siswa siswi MAN 1 Yogyakarta.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan teknis MYRES 2021 oleh pembina KIR MAN 1 Yogyakarta, Isti Handayani, S.Pd didampingi oleh pelatih KIR MAN 1 Yogyakarta, Pandu Aji Panditatwa, S.E.

Kegiatan yang berlangsung secara luring dan daring ini dipandu oleh Suci Ambar Wati, S.Pd. dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta pun mengikuti acara tersebut dengan antusias. Banyak pertanyaan-pertanyaan menarik yang muncul pada kegiatan tersebut. Narasumber pun memberikan jawaban yang memuaskan bahkan memberikan solusi dalam setiap permasalahan yang muncul.

Tidak terasa kegiatan berlangsung hingga siang hari. Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan semangat riset dan kontribusi siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta dalam ajang MYRES 2021. (ish/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 133

Bagikan