Siswa MANPK MAN 1 Yogya Ikuti Penguatan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris


Siswa MANPK MAN 1 Yogya Ikuti Penguatan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-07 10:18:02

Yogyakarta (MAN 1YK)-Bahasa merupakan kunci ilmu pengetahuan. Tanpa penguasaan bahasa yang benar, maka dapat dipastikan seseorang akan sulit untuk menguasai ilmu pengetahuan. Di era global saat ini, di antara  sepuluh Bahasa Internasional yang paling banyak digunakan  adalah Bahasa Inggris  dan Bahasa Arab. Bahasa Inggris sebagai bahasa sains, sementara Bahasa Arab sebagai bahasa dalam studi Islam.

Karena pentingnya penguasaan dua bahasa tersebut, Madrasah Aliyah Program Keagamaan(MANPK) MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan penguatan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk  siswa kelas X MANPK, XI MANPK, dan XII MANPK, yang berlangsung (7-22 September), bekerjasama dengan Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dalam membuka kegiatan menyampaikan, peguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk siswa MANPK menjadi hal yang wajib. Ungkapnya, terutama Bahasa Arab akan memudahkan kitab-kitab kuning ( dirosah islamiyah-red).

Ia juga mengingatkan agar program ini tidak hanya sekedar formalitas. “Kalian harus aktif, yang pokok adalah minat dan semangat kalian, justru harus banyak praktik dalam kehidupan sehari-hari,”pintanya.

Sementara itu Wakamad Bidang Keagamaan Suyanto, M.Pd juga menguatkan, pelatihan ini sebagai instrumen yang membutuhkan kontinuitas. “Setidaknya memberi bekal kemampuan. Target skor minimal 500, baik dalam Test Of English as a Foreign Language(TOEFL) maupun Test Of English as a Foreign Language(TOAFL),”harapnya.

Suyanto menambahkan, khususnya untuk kelas XII, materi yang diberikan adalah materi-materi bahasa untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi di luar negeri, terutama ke Timur Tengah.(dzl)

 

 

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 451

Bagikan