Bimtek Fasilitator BRUS: Kakanwil Nilai Penting Bekal Kognisi dan Afeksi untuk Remaja


Bimtek Fasilitator BRUS: Kakanwil Nilai Penting Bekal Kognisi dan Afeksi untuk Remaja
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-06-27 05:56:11

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Masa remaja adalah masa dimana pribadi manusia berubah dari kanak-kanak menuju ke arah dewasa. Ini sebagai periode yang penting, karena perkembangan fisik, mental yang cepat dan adanya penyesuaian dan pembentukan sikap, nilai dan minat baru. Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag DIY Drs H. Edhi Gunawan MPdI dalam pembukaan Bimtek Fasilitator Bimbingan Remaja Usia Sekolah di Hotel Foriz, Yogyakarta, Kamis (24/06/2021).

“Masa remaja sebagai periode perubahan, karena ada 5 perubahan yang bersifat universal yaitu perubahan emosi, tubuh, minat dan pola perilaku, dan perubahan,” tandas Kakanwil. Menurutnya, kegiatan ini strategis untuk memberikan bekal agar remaja mendapatkan kognisi dan afeksi menempuh cita-cita.

Dijelaskan Kasi Kepenghuluan dan FBKS Bidang Urusan Agama Islam, Dr. H Nur Ahmad Ghojali, Bimtek diselenggarakan untuk Fasilitator se-DIY yang akan memberikan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) di 66 lokasi Madrasah/Sekolah. “Fasilitator memiliki panduan yang sama dalam mendampingi remaja di Sekolah. Karena masa ini juga terdapat tantangan ketika mengenal percintaan sehingga terjadi kehamilan di luar nikah,” ungkap Ghojali yang kini menjabat Kasubbag Ortala dan Kerukunan Umat Beragama ini. Perkawinan anak, imbuhnya, menjadi tantangan fasilitator untuk menurunkan. Acara diampu langsung trainer Sugeng Widodo yang dikenal Paman Dodo, dan Prof Alimatul Qibtiyah.(gho/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 67

Bagikan