Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Kakan: Kuatkan Moderasi Beragama Anak


Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Kakan: Kuatkan Moderasi Beragama Anak
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2021-06-24 21:11:12

Kulon Progo (Kankemenag) – Penguatan moderasi beragama sangat penting ditanamkan kepada anak-anak. Karena hal tersebut akan menjadi pondasi bagi mereka dalam kehidupan di masyarakat pada masa mendatang. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat menghadiri dan membuka Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) bagi Guru Agama Islam SMA/SMK di Aula Menoreh kantor setempat, Rabu (23/6/2021) pagi.

“Kuatkan moderasi beragama bagi anak-anak. Hal itu akan menjadi pondasi bagi mereka dalam mengarungi kehidupan ketika dewasa kelak,” ungkapnya.

“Moderasi harus ditanamkan dalam kontek pemikiran dan keyakinan, prilaku keseharian, serta dalam gerakan proses pendidikan. Hal ini penting karena anak-anak saat ini dapat memperoleh informasi dengan cepat dari berbagai media. Guru tidak boleh ketinggalan. Harus berpikir terbuka dan tidak lagi monodisiplin, tetapi harus interdisiplin, transdisiplin, dan multidisiplin. Pola piker anak tidak mau lagi terbelenggu dengan persoalan tekstual,” terang Jamil.

Wahib Jamil juga mohon dukungan dari semua pihak dalam menjalankan tugas barunya sebagai Kepala Kankemenag Kulon Progo. Harapannya bisa membawa kemajuan pendidikan Agama Islam di Kulon Progo agar mampu menjadi barometer di DIY dan Nasional. “Kami sadar pelayanan terhadap guru agama belum maksimal. Semua karena regulasi, program dan anggaran, waktu, serta keterbatasan lainnya. Untuk itu sekali lagi mohon maaf dan dukungan agar ke depan bisa lebih baik lagi,” pungkas Kakan.

Sementara itu Kasi Pakis, Drs. H. Parjiyo, M.A. melaporkan bahwa kegiatan PPKB tersebut diprogramkan untuk Guru PAI SD, SMP, dan SMA/SMK. Untuk angkatan pertama ini di fokuskan pada tingkat SMA/SMK terlebih dahulu. Peserta berjumlah 30 guru PAI SMA/SMK se-Kulon Progo yang meliputi PNS Kemenag, PNS Dikpora, dan Guru Bukan PNS. Kegiatan PPKB tersebut menghadirkan Narasumber Kepala SMAN 1 Pengasih, Dra. Vipti Retna Nugraheni, M.Ed.  dengan Moderator Pengawas Dikpora DIY, Drs. Sudarmadi, M.Pd.Si. (abi).

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 11

Bagikan