Lakukan Skrining Kesehatan, MTsN 9 Bantul Gandeng Puskesmas Banguntapan III


Lakukan Skrining Kesehatan, MTsN 9 Bantul Gandeng Puskesmas Banguntapan III
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-06 22:28:44

Bantul (MTsN 9)—Jalinan kerja sama antara madrasah dengan lembaga di luar madrasah harus senantiasa dilakukan. Kerja sama tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga dalam bidang lain, seperti kesehatan. Salah satu madrasah yang menjalin kerja sama dengan pihak luar adalah MTsN 9 Bantul.

Guna menjamin kesehatan siswa, MTsN 9 Bantul bekerja sama dengan Puskesmas Banguntapan III. Salah satu kegiatan yang dijalankan adalah mengadakan skrining atau penjaringan kesehatan terhadap siswa. Skrining dilaksanakan di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) pada Jumat (06/09). Kegiatan ini ditargetkan bagi siswa kelas VII.

“Pemilihan siswa kelas VII karena mereka adalah siswa baru di MTsN 9 Bantul. Sedangkan untuk kelas VIII dan IX telah menjalani skrining saat mereka duduk di bangku kelas VII,” papar Koordinator UKS, Yuni Iswari Dewi.

Lebih lanjut Yuni menambahkan bahwa pemeriksaan ini dilakukan oleh dua bidan dan dua perawat gigi dari Puskesmas Banguntapan III. Pemeriksaan pada siswa meliputi mata, telinga, gigi, dan tekanan darah. Jika nanti hasilnya bermasalah akan diberikan surat keterangan untuk ditindaklanjuti di puskesmas atau dokter pribadi siswa.

Annisa, siswa kelas VIIA, menyampaikan rasa senangnya saat diperiksa. “Saya senang menjalani pemeriksaan mata. Sehingga saya tahu rabun atau tidak. Alhamdulillah, saya tidak rabun,” kata Annisa dengan senang.

Dari pemeriksaan ini diharapkan siswa-siswa MTsN 9 Bantul dapat lebih nyaman dalam belajar tanpa perlu mencemaskan kesehatan mereka. Kesehatan siswa merupakan sesuatu penting untuk diupayakan agar mereka dapat belajar dengan nyaman dan prestasi mudah teraih.(and/nsh)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 365

Bagikan