MTsN 1 Bantul Sabet Medali Emas dalam IEi2C


MTsN 1 Bantul Sabet Medali Emas dalam IEi2C Tim KIR MTsN 1 Bantul sedang presentasi secara vitual dengan menggunakan bahasa Inggris
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-06-24 19:59:41

Bantul (MTsN 1 Bantul) —Satu tim Ekstra Kurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) MTs Negeri 1 Bantul berhasil menyabet satu medali emas dalam Lomba Indonesia Education International Innovatif Competition (IEI2C) yang diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (19/6/21). Tim yang terdiri atas Zalfa Putri Felicia, Zahra Sania Kholishoh, Arga Pandira, dan Muhammad Naufal Amru berhasil mempresentasikan dan menjawab pertanyaan juri atas judul yang diangkat The Potential of Frangipani Flower (Plumeria Linnaeus) as A Wall for Reduce Radiation Radium 226. Kabar gembira atas raihan medali emas diterima guru pembimbing ekskul, Asih Budiati, S.Pd, M.Si pada Kamis (24/6/21).

Asih Budiati menjelaskan bahwa tim asuhannya melakukan penelitian terhadap kelopak bunga kamboja yang dibuat sebagai  bahan antiradiasi. Radiasi dari peralatan elektronik mempunyai efek negatif terhadap manusia, baik itu radiasi medan magnet, nuklir, maupun elektromagnetik. Untuk itu para siswa melakukan pengujian terhadap efektivitas ketebalan dan tingkat kemampuan meredam atau menghalangi radiasi tersebut. Penelitian dan pengukuran tingkat radiasi tersebut dilakukan di laboratorium IPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Karangmalang Sleman Yogyakarta. Hasil akhirnya ekstrak keopak bunga kamboja tersebut dibuat Chasing HP atau lembaran alas laptop dengan ketebalan yang paling ideal melalui uji coba di Laboratorium IPA UNY tersebut.

MTsN 1 Bantul Sabet Medali Emas dalam IEi2C

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 1 Bantul, Hidayat, S.Ag, MA juga amat berbahagia atas raihan medali emas tingkat nasional tersebut. “Alhamdulillah, Tim KIR MTs Negeri 1 Bantul mampu meraih medali emas dalam IEI2C Tahun 2021 ini. Lomba ini sangat prestisius karena tingkat nasional dan presentasi serta Tanya jawabnya menggunakan bahasa Inggris. Ini sangat membanggakan, ini juga semakin meneguhkan bahwa MTs Negeri 1 Bantul konsern terhadap pendidikan dan prestasi anak. Perlu diketahui pada beberapa bulan yang lalu, dua tim KIR MTs Negeri 1 Bantul meraih medali emas dan satu tim mendapatkan medali perunggu dalam lomba sejenis, maksudnya berbahasa Inggris bahkan waktu itu tingkatannya internasional” kata Hidayat. (vic)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 72

Bagikan