Kemenag Mendukung Literasi Menjadi Unggulan MTsN 3 Bantul


Kemenag Mendukung  Literasi Menjadi Unggulan MTsN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-06-21 11:49:55

Bantul (MTsN 3 Bantul) - Kantor Kemenag Kabupaten Bantul mendukung literasi menjadi unggulan MTsN 3 Bantul. Hal tersebut sejalan dengan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti yang telah dicanangkan sejak 2016.

Hal tersebut dikatakan Kasi Dikmad Kankemenag Bantul, Jauhar Sulistiyanta, S.Ag saat “launching buku Berbicara Kepada Tumbuhan” di Madrasah Hijau yang beralamat di Manggung Wukirsari Imogiri, Sabtu (19/6/2021).

Kemenag Mendukung  Literasi Menjadi Unggulan MTsN 3 Bantul

Kemenag Mendukung  Literasi Menjadi Unggulan MTsN 3 Bantul

Gerakan Literasi Nasional merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia.

“Gerakan ini akan dilaksanakan secara menyeluruh dan serentak, mulai dari ranah keluarga sampai ke sekolah dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, pelibatan publik dalam setiap kegiatan literasi menjadi sangat penting untuk memastikan dampak positif dari gerakan peningkatan daya saing bangsa,” tandas Jauhar.

Kepala MTsN 3 Bantul, Sugeng Muhari S.Pd,Si menjelaskan, terbitnya buku “Berbicara Kepada Tumbuhan” karya 40 siswa yang berisi 50 puisi tersebut merupakan momentum yang tepat untuk menepatkan literasi sebagai program unggulan di madrasahnya.

Bahkan dirinya mendapat penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi Bidang Literasi.

“Literasi menjadi salahsatu unggulan madrasah, karena saya melihat banyak potensi siswa dan guru yang memiliki komitmen menulis. Disayangkan jika potensi yang ada tidak dioptimalkan,” imbuh Sugeng.

Kepala Perpustakaan sekaligus pembimbing siswa, Siska Yuniati, S.Pd,M.Pd menambahkan terbitnya buku tersebut tak lepas dari keikutsertaan madrasah dalam Festival Literasi Bantul2021 kerjasama Disdikpora Bantul dan Gerakan Menulis Buku (GMB) Indonesia Januari lalu.

Selanjutnya madrasah mengumpulkan tulisan siswa berupa puisi dengan tema lingkungan hidup, sebagai upaya mendukung adiwiyata. Setelah terkumpul dilakukan editing dan dikumpulkan ke panitia.

Dari madrasah juga melakukan seleksi untuk menentukan karya 10 besar. Karya tersebut  dinilai oleh panitia untuk diambil sebagai juara 1-3 tingkat madrasah, yakni : Diyah Bening Nur Hidayati, Marta Anissa Daniswara, Alfita Wulandari

“Di tingkat kabupaten, Diyah Bening dan Marta Annisa masuk 10 besar. Diyah Bening menjadi juara 3 Festival Literasi Bantul 2021 dengan puisinya yang berjudul Luhwati Terkembang,” terang Siska. (tan)

Tetap Sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 189

Bagikan