MTsN 1 Bantul Gelar Khataman Akbar


MTsN 1 Bantul Gelar Khataman Akbar
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-06-21 08:44:21

Bantul (MTsN 1 Bantul)—MTs Negeri 1 Bantul menggelar Khataman Akbar di Masjid Daarul Ilmi di madrasah setempat, Sabtu (19/6/21). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, pegawai, mantan guru dan pegawai, serta sebagian perwakilan siswa MTs Negeri 1 Bantul. Hadir juga Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY, Drs. H. Muntholib. Khataman Akbar adalah selesainya membaca Alquran 30 juz dari dua majelis tadarus yang ada di MTs Negeri 1 Bantul. Majelis tadarus yang pertama terhimpun dalam Kelompok Pengajian Latiful Qulub yang membaca Alquran pada setiap hari Jumat pagi dalam sebuah muqodaman. Setiap hari Jumat itu seluruh guru dan pegawai membaca Alquran dan terbagi dalam juz-juz yang telah diatur. Sementara majelis tadarus yang kedua dilaksanakan oleh seluruh guru dan pegawai serta mantan yang pernah bekerja di MTs Negeri 1 Bantul dengan pembacaan Alquran di rumah masing-masing.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat melaksanakan Khataman Akbar. Mestinya khataman ini dilaksanakan beberapa waktu yang lalu sesudah setiap guru dan pegawai menyelesaikan pembacaan Alquran sejumlah 30 juz. Tadarus atau yang biasa kita sebuat dengan Muqodaman telah menyelesaikan lebih dari 30 putaran sehingga setiap peserta Pengajian Latiful Qulub sudah khatam. Sementara itu tadarus yang kedua sudah berkali-kali khatam, namun hampir tidak pernah kita rayakan, sehingga hari inilah kita laksanakan acara khataman itu” kata Kepala MTs Negeri 1 Bantul, Hidayat, S.Ag, M.A.

MTsN 1 Bantul Gelar Khataman Akbar

Dalam kesempatan yang sama, Muntholib mengajak guru dan pegawai MTs Negeri 1 Bantul untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri di era digital dan berusaha untuk menjadi pesaing sekolah (SMP). ASN di bawah Kemenag adalah ASN pusat dengan fasilitas yang lebih baik dari guru-guru SMP. Tunjangan uang makan, TPG yang lancar, Tunjangan Kinerja, adalah beberapa fasilitas dimaksud. Dengan fasilitas tersebut mestinya guru-guru di bawah kemenag mempunyai performansi yang baik, lebih percaya diri, dan lebih unggul.

Dalam acara Khataman Akbar tersebut juga dilakukan launching Buku Antologi karya guru, pegawai, dan siswa MTs Negeri 1 Bantul. Buku antologi itu berjudul Catatan Pena Kala Pandemi Melanda merupakan karya dalam berbagai jenis tulisan, ada yang berupa esai, cerpen, ada pula yang berbentuk opini ditulis dalam rentang waktu hampir satu tahun. Buku ini berisi ungkapan hati penulis dari berbagai sudut pandang. Dari keprihatinan guru terhadap kualitas pembelajaran jarak jauh yang tidak tahu kapan berakhir, dari kesulitan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah dengan sepenuh kesabaran dan ketelatenan, dari dari siswa dengan berjubelnya tugas setiap hari serta godaan video youtube yang ikut terbuka. (vic)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 54

Bagikan