Guru MTsN 8 Gunungkidul, Launching Buku Baru


Guru MTsN 8 Gunungkidul, Launching Buku Baru Lounching Buku Karya Esti Hidayati oleh Kabag. TU Kanwil Kemenag DIY
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-06-19 21:46:15

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul) - Salah satu bentuk kompetensi guru  selain mentransfer ilmu adalah mampu menngembangkan diri melalui pembuatan karya tulis misalnya bentuk buku.  Esti Hidayati, salah  satu guru Matematika di MTsN 8 Gunungkidul (Madsaka) telah berhasil menyusun buku. Buku ketiga bertajuk Guru Menumbuhkan Motivasi, Siswa Menuai Prestasi, telah berhasil terbit dan lounching oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY, Sabtu (19/06/21) di RM. Mutiara Seafood, Pantai Drini, Gunungkidul.

Selama kurang lebih satu bulan Esti (panggilan akrab) melewati serangkaian proses yang cukup panjang. Mulai dari menyusun naskah, editing naskah, desain layout, desain cover, pengusulan International Standar Book Number (ISBN) hingga proses cetak. Dengan kegigihannya dalam  satu tahun dapat menerbitkan 3 buku, pertama buku pendidikan berjudul Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika (Juni 2020), kedua berupa buku pelajaran dengan judul Buku Diktat Matematika Kelas IX ( ESTIMATIKA) Desember 2020, dan buku ketiga  terbit Juni 2021 bertajuk Guru Menumbuhkan Motivasi, Siswa Menuai Prestasi.

Guru MTsN 8 Gunungkidul, Launching Buku Baru

Guru MTsN 8 Gunungkidul, Launching Buku Baru

Buku ketiga ini terdiri dari 126  halaman mengulas bagaimana seorang guru dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Ditulis berdasarkan penelitian yang terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. ”Buku ini saya tulis sebagai bentuk pengabdian saya sebagai guru, dan berharap ke depan semakin berkembang," ujar Esti. Buku tersebut dilaunching langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY ;H. Arief Gunadi, S.Ag., M.Pd.I dengan membaca ummul kitab dan disaksikan oleh sejumlah pejabat kemenag dan seluruh warga madrasah.

Kabag TU Kanwil Kementerian Agama DIY mengatakan bahwa 5 kriteria guru profesional antara lain paham kurikulum, mampu mentransfer ilmu, memahami dan menguasai IT atau mengikuti perkembangan keilmuwan, harus mempunyai akhlakul karimah/ karakter yang baik, serta mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik. “Saya sangat mengapresisi atas hasil karya guru MTs N 8 Gunungkidul, semoga hasil karya berupa buku pendidikan ini dapat bermanfaat untuk kemajuan pendidikan,” tandas Arief.

Sementara Kepala Madsaka, Hamid Abdul Basit, S.Ag., M.S.I, juga memberikan apresiasi yang tinggi atas penerbitan buku ini. Pihaknya juga mendorong semua guru agar dapat terus berkarya menghasilkan berbagai tulisan ilmiah maupun nonilmiah. "Mari kita saling menyemangati. Semoga karya teman kita ini dapat menginspirasi bapak ibu semuanya dalam membuat buku," pungkasnya. Bapak dan ibu guru serta karyawan yang lain juga memberikan apresiasi atas penerbitan buku ini. (sty-mmn/tnf)

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 78

Bagikan