Guru MAN 4 Bantul Kembangkan Kompetisi Business Plan Siswa dengan BMC


Guru MAN 4 Bantul Kembangkan Kompetisi Business Plan Siswa dengan BMC Kegiatan siswa Kelas XI IPA 1 pada saat Presentasi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-06 10:01:12

Bantul (MAN 4 Bantul)—Siswa kelas XI MAN 4 Bantul jurusan IPA dan IPS diberikan materi kewirausahaan dengan metode Business Model Canvas (BMC) untuk membantu siswa dalam memahami materi perencanaan usaha produk kerajinan. Pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI semester satu di MAN 4 Bantul setiap minggunya satu kali pertemuan dengan durasi waktu 2 jam pelajaran.

Fransisca Listiariny selaku guru yang mengampu mapel prakarya menggunakan metode diskusi kelompok untuk proyek BMC ini. Adapun pelaksaannya setiap kelas dibentuk 5 kelompok diskusi yang masing-masing kelompok beranggotakan sekitar 6-7 siswa.

Guru MAN 4 Bantul Kembangkan Kompetisi Business Plan Siswa dengan BMC

”Dengan pemberian materi BMC ini sendiri diharapkan siswa MAN 4 Bantul dapat memahami tentang perencanaan dalam membuat suatu usaha. Materi BMC terdiri dari sembilan blok area aktivitas bisnis yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, mampu memenangkan persaingan, serta sukses dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Manfaat dari penerapan BMC adalah membangun relasi dengan konsumen, meningkatkan penjualan, menghadapi pesaing, memastikan bisnis berjalan, dan memiliki sistem bisnis yang baik. Sedangkan tujuan yang diharapkan Sisca selaku guru yang mengampu mapel Prakarya, siswa mempunyai pemahaman yang lebih tentang materi kewirausahaan.

“Antusias siswa sangat tinggi dengan kegiatan pembelajaran ini, karena setiap kelompok berdiskusi merencanakan membuat rancangan dalam membangun sebuah usaha dan hasil dari diskusi ini dipresentasikan di depan kelompok lainnya,” ungkap Sisca. (ica)

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 304

Bagikan