Kemenag Gunungkidul Maju Penilaian ZI WBK


Kemenag Gunungkidul Maju Penilaian ZI WBK Kepala Kankemenag Gunungkidul Arief Gunadi, saat memberikan pengarahan
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2021-06-10 14:29:38

Gunungkidul (Kankemenag) -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul berhasil lolos dan maju dalam penilaian Zona Intergritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan nilai 80.5. Hal tersebut disampaikan dalam Surat Menteri Agama kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Usulan Satuan Kerja/UPT Berpredikat WBK dan WBBM pada Kementerian Agama Tahun 2021.

Menindaklanjuti hal tersebut, Tim Pembangunan ZI WBK WBBM Kemenag Gunungkidul mengadakan Koordinasi dalam rangka Persiapan Penilaian Tim Penilai Nasional (TPN) Zona Integritas Menuju WBK WBBM di Lantai Dasar Masjid Agung Al Ikhlas, Kamis (10/6/2021) pagi.

Hadir pada koordinasi ini, Kepala Kankemenag Gunungkidul, Arief Gunadi memberikan arahan serta pembinaan.

"Kita bersyukur jerih payah kita sebagai langkah awal menuju WBK, ada secercah asa bahwa Kemenag Gunungkidul menjadi salah satu yang diusulkan oleh Menag untuk maju dalam penilaian," ujar Arief. 

Lebih lanjut Arief menjelaskan bahwa Pengadaan barang dan jasa, Madrasah dan KUA adalah tiga hal yang rawan terjadinya pungli. "Sejak saat ini kita berkomitmen bersama untuk tidak ada pungutan yang tidak sesuai regulasi,” imbuhnya.

Arief juga menyampaikan tentang mekanisme evaluasi yang telah dilakukan oleh Itjen, “Yang baik dipertahankan, yang belum baik, mari kita lakukan kajian-kajian,” ajaknya.

Penataan, pencermatan anggaran dan realisasinya, serta laporan penyelenggaraannya juga menjadi poin penting yang diingatkan Arief.

“Cermati instrumen evaluasi diri kita, sehingga kita akan percaya diri saat dinilai Tim Penilai Nasional (TPN) Zona Integritas menuju WBK-WBBM,” ungkap Arief.

Dalam kesempatan ini, Arief juga menyampaikan bahwa sejak Senin (7/6/2021) kemarin, dirinya mulai mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang diadakan Pusdiklat Kemenag RI selama 113 hari secara virtual.

Sebagai penutup koordinasi, Kasubbag TU Kemenag Gunungkidul selaku Ketua Tim Pembangunan ZI WBK Kemenag Gunungkidul, Mukotip mengatakan, “Mari luruskan niat, tidak hanya tataran eviden, tapi juga diaplikasikan di lapangan,” jelas Mukotip.

Kegiatan ini diikuti oleh Kasi dan Penyelenggara serta anggota tim ZI WBK Kemenag Gunungkidul. (sna/tnf)

Kontributor : KEMENAGGK
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 19

Bagikan