KUA Rongkop Dampingi Tim Monev Kampung Zakat dan Wakaf Banyu Mili


KUA Rongkop Dampingi Tim Monev Kampung Zakat dan Wakaf Banyu Mili
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2021-06-10 12:55:13

Rongkop (KUA Rongkop) – KUA Rongkop bersama Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kabupaten Gunungkidul, Sri Sugiyanti, serta Pengurus BAZNAS Kabupaten Gunungkidul mendampingi Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kampung Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipimpin oleh Plt Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf, Nur Rochman melakukan monev di Kampung Zakat dan Wakaf Mbanyu Mili, Sriten, Karangwuni, Rongkop, Rabu (9/6/2021).

Kegiatan yang dilakukan di Padukuhan Sriten ini dihadiri oleh 17 orang, termasuk pengurus Kampung Zakat dan Wakaf Mbanyu Mili dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam sambutannya Nur Rochman memaparkan bahwa zakat dan wakaf merupakan salah satu instrumen yang tidak terpengaruh oleh kondisi pandemi saat ini, tidak seperti sektor ekonomi yang lain. Dalam pemberdayaan zakat dan wakaf, Nur Rochman berpesan untuk duduk bersama, melakukan pemetaan kebutuhan masyarakat yang disesuaikan dengan konsep delapan ashnaf, tidak hanya terpaku pada fiqih oriented (tekstualis) dan agar terus mengembangkan potensi zakat dan wakaf untuk meningkatkan kesejahteraan umat, seperti pengembangan wisata dengan konsep religius misalnya. Nur Rochman juga mengingatkan potensi wakaf tunai sebagai instrumen wakaf yang lebih luas dan fleksibel.

Pada kesempatan tersebut Tim Monev Kanwil Kemenag DIY juga menambahkan, terdapat tiga pilar zakat dan wakaf, yaitu pemerintah, amil, dan masyarakat (muzakki dan mustahik). Dijelaskan bahwa tingkat literasi umat Islam tentang zakat dan wakaf baru sebesar 55 persen, dibutuhkan kerja keras dari para penyuluh Agama Islam dan semua stakeholders untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga partisipasi zakat dan wakaf pun akan meningkat, dan pada akhirnya mampu mengubah status mustahik menjadi seorang muzakki. (btr/tnf)

 

 

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 15

Bagikan