Rapat Pleno Kelulusan Siswa Kelas IX MTsN 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021


Rapat Pleno Kelulusan Siswa Kelas IX MTsN 1 Yogyakarta  Tahun Pelajaran 2020/2021 Waka Kurikulum MTsN 1 Yogyakarta memimpin rapat pleno kelulusan siswa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-06-03 04:14:25

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) - Setelah melalui serangkaian kegiatan  para siswa kelas IX MTsN 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021, tibalah saatnya penetapan kelulusan melalui rapat pleno madrasah. Pelaksanaan rapat pada hari Rabu, 2 Juni 2021 di  Aula MTsN 1 Yogyakarta. Rapat dihadiri oleh guru pengajar kelas IX, wali kelas IX, kepala madrasah, serta wakil kepala madrasah. Rapat dibuka dengan ummul kitab al Fatihah dipimpin oleh pembawa acara ibu Anik Lestari, M.Pd dilanjutkan sambutan oleh Kepala Madrasah, Drs. Muhammad Iriyadi.

Rapat pleno kali ini terasa istimewa karena dilaksanakan di tengah pandemi. Akan tetapi pelaksanaan rapat tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan gerakan sosial 5M diantaranya adalah dengan tetap menjaga jarak, memakai masker. Dalam sambutanya Kepala Madrasah mengatakan bahwa angkatan 2020 ini adalah angkatan istimewa sebagaimana angkatan tahun lalu karena siswa tidak mengikuti ujian nasional seperti tahun-tahun pelajaran sebelum pandemi covid-19 ini melanda dunia. Pemerintah mengambil kebijakan meniadakan Ujian Nasional, mengingat pandemi Corona yang belum menunjukkan tanda-tanda berkurang justru malah bermutasi menjadi virus-virus yang lainnya yang merupakan turunan dari covid-19, padahal  sudah sekitar 1 tahun lebih  masyarakat atas anjuran pemerintah melaksanakan stay at home dan menerapkan protokol kesehatan gerakan sosial 5M dengan ketat.

Rapat Pleno Kelulusan Siswa Kelas IX MTsN 1 Yogyakarta  Tahun Pelajaran 2020/2021

Rapat Pleno Kelulusan Siswa Kelas IX MTsN 1 Yogyakarta  Tahun Pelajaran 2020/2021

Iriyadi juga mengatakan, “ Kelulusan kelas IX ini bersifat rahasia, jangan dulu diberitahukan kepada siswa-siswi kelas IX dan siapa saja sebelum tanggal pengumuman kelulusan.” Beliau pun mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pengampu mata pelajaran maupun wali kelas yang telah berusaha mendidik dan membimbing siswa-siswi selama satu tahun ini ke arah yang lebih baik.

Meskipun siswa kelas IX tidak mengikuti Ujian Nasional, tetapi mereka tetap wajib mengikuti ujian yang diselenggarakan madrasah, yaitu Ujian Akhir Madrasah berbasis online. Keikutsertaan siswa dalam mengikuti ujian madrasah ini menjadi salah satu acuan dalam menentukan kelulusan siswa. Beberapa hal yang menjadi syarat kelulusan siswa antara lain adalah siswa harus sudah mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran, memperoleh nilai sikap minimal baik, dan mengikuti ujian madrasah. Adapun pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Juni 2021 melalui zoom meeting dan dipublikasikan di laman website MTsN 1 Yogyakarta.

Rapat pleno kelulusan siswa kelas IX diisi dengan penyampaian laporan dari seluruh wali kelas mulai dari kelas IXA sampai dengan IXH, mengenai kondisi masing-masing siswa, dipandu oleh waka kurikulum, Anik Lestari, M.Pd. Tak lupa juga mendengarkan masukan dari guru pengajar kelas IX dan guru BK. Rapat pleno kelulusan siswa diakhiri dengan pembacaan penetapan kelulusan oleh waka kurikulum dan  dilanjutkan dengan doa. (tpm)

#lawancovid-19  #madrasahhebatbermartabat  #siapdivaksin

Kontributor : MTSN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 45

Bagikan