Siswa Kelas 6 MIN 3 Gunungkidul Ikuti ASPD


Siswa Kelas  6 MIN 3 Gunungkidul Ikuti ASPD Apriana, proktor MIN 3 GK menyiapkan perangkat ujian
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-05-25 08:48:56

Gunungkidul (MIN 3 Gunungkidul) – Seluruh siswa SD/MI di Kabupaten Gunungkidul mulai tanggal 24-27 Mei 2021 mengikuti Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) yang dilaksanakan berbasis komputer. ASPD yang dilaksanakan pertama kalinya tahun 2020/2021 ini bukanlah ujian pengganti UN dan tidak pula digunakan untuk menentukan kelulusan siswa. ASPD bertujuan untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dan sebagai alat ukur seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.

Sebanyak 16 siswa MIN 3 Gunungkidul mengikuti ASPD ini yang dilaksanakan dalam 2 sesi di ruang kelas IV. Pelaksanaan ASPD di masa pandemi ini memang terasa menantang mengingat para siswa saat ini belajar dari rumah dengan sistem Pembelajaran Jarak-Jauh (PJJ). Tidak seperti pelaksanakan Ujian Nasional, pemantauan belajar siswa di masa pandemi menjadi kendala tersendiri terutama masa persiapan ASPD.

Siswa Kelas  6 MIN 3 Gunungkidul Ikuti ASPD

Dra. Sri Hartati, M.S.I sebagai Kepala MIN 3 Gunungkidul mengemukan bahwa kendala seperti lemahnya sinyal internet, permasalahan kuota dan motivasi belajar menjadi tantangan yang harus dihadapi baik siswa, orang tua maupun guru. “Sekolah bekerja sama dengan orang tua berusaha memberikan pembelajaran ekstra dan memantau siswa belajar di rumah. Semoga anak-anak pada waktu mengerjakan ASPD diberikan kesehatan dan nantinya berhasil dengan  gemilang,” kata Sri Hartati berharap.

Dalam melaksanakan ASPD, setiap sekolah diharuskan mengikuti standar protokol kesehatan Covid-19. MIN 3 Gunungkidul mempersiapkan semua itu sejak awal seperti alur siswa mulai dari persiapan ujian sampai kepulangan siswa.
    
Sri Hartati mengatakan bahwa MIN 3 Gunungkidul berusaha melaksanakan ASPD perdana dengan sebaik-baiknya. Sebelum pelaksanaan ujian diadakan pengecekan handphone, pengecekan server, kesiapan proktor dan teknisi serta kesekretariatan “Jangan sampai ada kendala dalam pelaksanaan ASPD yang kemudian akan merugikan siswa. Segala persiapan dirasa telah matang.  Semoga pelaksanaannya lancar dan hasil ASPD yang diperoleh siswa membuat seluruh keluarga MIN 3 Gunungkidul bangga,” kata Sri Hartati. (kzl/tnf)

Kontributor : MIN3GEKA
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 170

Bagikan