Bupati Sutedjo Apresiasi Inovasi KUA Kalibawang


Bupati Sutedjo Apresiasi Inovasi KUA Kalibawang
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2021-05-10 23:19:50

Kulon Progo (Kankemenag) – Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo memberikan apresiasi kepada KUA Kalibawang yang telah menyelenggarakan Program Inovasi Komunitas Sapa Warga, yaitu program pemberdayaan umat berbasis majelis taklim. Hal itu disampaikan dalam testimoninya di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Ahad (9/5/2021).

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KUA Kalibawang yang telah menyelenggarakan Program Inovasi Komunitas Sapa Warga, yaitu program pemberdayaan umat berbasis majelis taklim. Saya juga berterima kasih kepada Kankemenag Kulon Progo yang telah membina dan mendorong KUA untuk   memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Sutedjo.

Lebih lanjut Bupati Sutedjo juga mengakui bahwa KUA Kalibawang telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam usaha peningkatan ekonomi warga, pembinaan umat, dan pembinaan kerukunan umat beragama.

Sementara itu Kepala KUA Kalibawang, Afwan Zuhdi melaporkan bahwa Inovasi dalam mewujudkan ketahanan keluarga berbasis majelis taklim melalui program Komunitas Sapa Warga ini telah dijalani KUA Kalibawang selama 4 tahun berjalan. Kegiatannya berupa:

1. Pembinaan dan penyuluhan Agama;
2. Merintis peningkatan ekonomi umat melalui cara;

a. penggaduhan kambing,
b. pemberian dan pengembangan indukan ayam (Babonisasi),
c. pemanfaatan lahan pekarangan untuk dapur hidup atau apotik hidup;

3. Kurban seumur Hidup;
4. Penyelenggaraan hewan kurban dan pembagian daging kurban.

Dalam pelaksanaannya KUA Kalibawang bersinergi dengan instansi/lembaga lain, dan melakukan kemitraan seperti Pemerintah Kabupaten, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, BAZNAS Kabupaten, dan Yayasan  An Nahl Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. berharap agar inovasi Komunitas Sapa Warga ini bisa masuk dalam Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (fzi/abi/tnf).


Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 112

Bagikan