Ramadhan Penuh Makna di MIN 1 Kulon Progo


Ramadhan Penuh Makna di MIN 1 Kulon Progo
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-05-10 23:05:54

Kulon Progo (MIN1KP) – Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan tahun 1442 H, MIN 1 Kulon Progo melaksanakan kegiatan keagamaan secara daring. Hal ini dilakukan karena masih dalam masa pandemi. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan di bulan Ramadhan ini adalah untuk mengembangkan karakter siswa. Bertempat di MIN 1 Kulon Progo kegiatan Ramadhan daring dilaksanakan selama dua hari yakni Jum’at-Sabtu (7-8/5/2021) atau bertepatan dengan 25 dan 26 Ramadhan 1442 H.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam mengisi Ramadhan tahun 1442 H ini yakni membagikan buku pantauan kegiatan kepada siswa, tausiyah yang diunggah melalui youtube kemudian dibagikan kepada siswa melalui internet, dan zoom meeting  yang diikuti oleh siswa kelas 4, 5, serta seluruh guru dan karyawan MIN 1 Kulon Progo. Melalui tausiyah dalam video yang di unggah tersebut diharapkan semua warga madrasah baik siswa, guru, maupun karyawan dapat saling memotivasi dan tetap semangat dalam mengisi bulan Ramadhan ini dengan amal-amal kebaikan.

Kepala Madrasah, Kasmad Rifangi, M.Pd.I. mengungkapkan bahwa selama bulan Ramadhan madrasah tetap mengadakan kegiatan, meski dilaksanakan secara daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Selama bulan Ramadhan MIN 1 Kulon Progo tetap melaksanakan dan memantau kegiatan siswa di rumah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasmad Rifangi menyatakan bahwa siswa MIN 1 Kulon Progo pada awal Ramadhan diberikan buku pantauan pelaksanaan ibadah selama bulan suci. Adapun buku tersebut berisi daftar amal-amal ibadah harian yang dikerjakan oleh siswa seperti puasa, shalat fardhu, shalat tarawih, shalat dhuha, dan tilawah Al Qur’an. Dengan ini pihak madrasah berharap agar para siswa semakin semangat dalam mengisi bulan Ramadhan, dan terlahir insan-insan yang bertakwa nantinya.

Sementara itu Guru PAI, Dayadi, S.Pd.I. dalam tausiyahnya melalui media zoom meeting  mengatakan bahwa hanya Allah SWT yang selalu baik pada kita. “Bukti Allah selalu baik pada kita adalah selalu memberikan kita rezeki, kesehatan, termasuk menutupi aib kejelekan kita dari orang lain. Sehingga kita tetap nampak baik. Allah tidak langsung menghukum kita, tetapi tetap ditunggu taubat kita. Betapa baiknya Allah SWT. Kita harus bangga mempunyai Tuhan Allah SWT,” terangnya.

Ketua Panitia, Muh Triyanto, S.Pd.I. mengungkapkan rasa syukurnya karena kegiatan keagamaan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan tahun ini bisa berjalan dengan baik. “Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti,” ungkapnya. (cha/abi/tnf).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 98

Bagikan