Selipkan Nasehat, Pemateri Pesaron MAN 2 Bantul Ingatkan Siswa Perbanyak Tadarus


Selipkan Nasehat, Pemateri Pesaron MAN 2 Bantul Ingatkan Siswa Perbanyak Tadarus Qisthi Nur Fianafis, S.Pd memberikan materi pada peserta ramadhan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-05-08 13:24:19

Bantul (MAN 2 Bantul)- Al-Qur’an merupakan kalam illahi yang harus dibaca, didengar, dicermati, diresapi dan dipraktikan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Tiap ajaran yang terkandung memiliki tujuan dan hikmah untuk umat manusia, khususnya umat muslim. Oleh karenanya, umat muslim diperintahkan untuk mempelajarinya agar memperoleh petunjuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Menciptakan generasi cerdas lagi alim menjadi tanggungjawab lemabaga pendidikan, terutama madrasah. Oleh karenanya, selama bulan puasa, MAN 2 Bantul melaksanakan kegiatan tambahan berupa pesantren Ramadhan selama delapan hari dengan menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu materi yang diajarkan ialah Al-Qur’an. Adapun materinya ialah berupa tahsin makharijul huruf, ilmu tajwid dan hafalan surat-surat pendek. Pada Rabu (28/4/2021) menjadi hari ketiga dilaksanakannya pesantren Ramadhan. Qisthi Nur Fianafis, S.Pd menjadi pemateri Al-Qur’an di sesi pertama kelas X MIPA Putri B. Selain memberikan materi seputar makharijul huruf, dan tajwid, ia juga menyisipkan semangat dan motivasi pada peserta pesaron, “Bulan ini bulan yang sangat istimewa, bulan puasa dimana terbukanya pintu surge. Yuk kita saling berlomba dalam kebaikan. Perbanyak tadarus, sedekah dan sholat malam,” ucapnya.

Qisthi menambahkan jika pahala yang didapat di bulan Ramadhan berlimpah, “Kalau kalian membaca Al-Qur’an dengan lancar setiap hurufnya bernilai satu pahala, kemudian akan dilipatgandakan menjadi sepuluh.  Jika kalian kurang lancar, maka satu huruf bernilai dua, jika dilipatgandakan menjadi dua puluh. Oleh sebab itu, jangan minder apalagi enggan membaca Al-Qur’an hanya karena kurang lancarnya bacaan kita”, pungkas Qisthi di akhir pembelajaran tatap muka secara terbatas. (ken)

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 74

Bagikan