Loloskan 4 Inovasi SINOVIK KIPP 2021, Kemenag DIY Gerak Cepat Gelar Rakor Virtual


Loloskan 4 Inovasi SINOVIK KIPP 2021, Kemenag DIY Gerak Cepat Gelar Rakor Virtual
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-05-07 22:00:05

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY meloloskan 4 (empat) inovasi dari 10 inovasi terbaik Kementerian Agama RI yang berhak melaju dalam penilaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Tahun 2021. Pengumuman 10 terbaik disampaikan oleh Biro Organisasi Tata Laksana Kemenag RI. Sebagai bagian tindak lanjut hal itu, jajaran Kemenag DIY menggelar Rapat Koordinasi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK KIPP) Tahun 2021 secara virtual, Jumat (7/5/2021) malam.

Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag DIY Muhamad Wahib Jamil mewakili Kakanwil Edhi Gunawan mengingatkan agar proposal dan video inovasi dapat diselesaikan maksimal 10 Mei 2021. “Karena akan kita submit di aplikasi KemenPAN RB pada 11 Mei 2021 mendatang,” ujarnya. Jamil juga meminta agar dilakukan pencermatan di dalam proposal. “Tolong diteliti dan dicermati kembali, prinsipnya inovasi yang kita lakukan bersifar action secara lokal, ekspektasi global. Persoalan bisa berangkat dari lokal, namun outcome-nya berkontrubusi secara nasional,” urai Jamil.

“Juga dalam hal latar belakang tolong dipertajam kembali, didukung dengan data,” sambungnya. “Deskrispi inovasi dibuat secara singkat dan jelas menunjukkan nilai inovasi atau kebaruannya. Kalau inovasi KUA bisa dikloning di beberapa KUA lain,” terangnya.

Terkait video, Kabag TU juga meminta agar perlu diedit lebih baik lagi. “Karena tim penilai hanya akan melihat dari video, data dan berita-berita yang ada serta proposal yang disajikan,” ujarnya. “Sisi publikasi juga penting untuk mengenalkan inovasi yang kita lakukan,” tambah Jamil.

Ia juga menyarankan agar seluruh video inovasi diunggah melalui kanal Youtube Kanwil Kemenag DIY. “Karena subscriber sudah banyak, sehingga nanti memudahkan untuk mendapatkan dukungan dari keluarga besar Kemenag DIY. Jumlah penayangan bisa maksimal karena memengaruhi penilaian dari KemenPAN RB,” jelas Jamil.

“Yang penting seluruh ikhtiar kita bertujuan untuk memberikan konstribusi kepada Kemenag RI,” pungkas Jamil.

Keempat inovasi dari Kanwil Kemenag DIY yang lolos adalah Langkah Cepat Elshinta Kudapat (Layanan Nikah Cepat, Praktis, Transparan dengan EDC, Live Streaming dan Dokumen Lengkap di KUA) kategori Tata Kelola Pemerintahan; PESAN KIAI (Penguatan Kewirausahaan untuk Kemandirian Santri) kategori Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja; KOMUNITAS SAPA WARGA (Peningkatan Ekonomi Umat Minoritas Melalui Silaturahmi dan Pengajian Warga) kategori Pemberdayaan Masyarakat dan BEDUK DINAKOTA (Bimbingan Edukasi Keluarga di Kemenag Kota Yogyakarta) kategori Pemberdayaan Masyakarat.

Hadir dalam kesempatan rapat virtual ini selain Kabag TU, Kasubbag pada Bagian Tata Usaha, jajaran Kepala dan Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kabupaten/Kota, Analis Kebijakan, Pranata Humas, Pranata Komputer dan Perencana Kemenag DIY. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 246

Bagikan