UPZ Kankemenag Gunungkidul Kembali Tasarufkan Zakat


UPZ Kankemenag Gunungkidul Kembali Tasarufkan Zakat
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2021-05-07 08:23:34

Gunungkidul (Kankemenag) – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul kembali bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gunungkidul mentasarufkan zakat untuk UMKM, Fisabilillah, dan Bantuan Permohonan Proposal Pembangunan. Pentasarufan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kankemenag Gunungkidul, Arief Gunadi, di Lantai Dasar Masjid Al Ikhlas, Kamis (6/5/2021).

Dalam sambutannya Arief mengatakan, akuntabilitas pengelolaan zakat bukan hanya kemampuan menyajikan laporan secara administratif semata, tetapi catatan yang lebih riil adalah dari Allah SWT. sebagai bentuk amanah dari muzaki untuk ditasarufkan kepada mustahiq tentu disesuaikan dengan ketentuan yang ada di dalam Al-Quran.

“Jadi beberapa asnaf dihadirkan pada kesempatan ini, mohon kiranya dapat menerima dengan baik dan kemudian peruntukkannya disesuaikan agar kita semua dapat merasakan betapa kepeduliaan melalui wajib zakat ini dapat dirasakan oleh masyarakat muslim dalam upaya meringankan beban kehidupannya dan sekaligus menjadi solusi atas beberapa problem dalam lembaga, organisasi dan pengelolaan masjid,” ujar Arief.   

Sebelumnya Arief menjelaskan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul secara institusional mewajibkan kepada muzaki melalui pendapatan dalam profesinya, yang kemudian hasil dari pendapatan tersebut di tasarufkan pada yang membutuhkan, seperti yang dilakukan hari ini.

Arief juga mengucapkan rasa terima kasih kepada pengurus UPZ Kankemenag Gunungkidul yang telah dapat melaksanakan kegiatan pentasarufan ini untuk yang kesekian kalinya. “Alhamdulillah secara akuntabel keseluruhan pelaksanaan pengelolaan unit pengumpul zakat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul bersinergi dengan Baznas Gunungkidul dapat terus berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Arief berharap kepada para hadirin yang hadir pada saat itu untuk dapat menginformasikan kepada sanak saudara atau tetangga yang barangkali memiliki kondisi ekonomi yang sangat memprihatikan dapat disoundingkan kepada pengurus UPZ Kankamenag Gunungkidul. “Jika di kanan kiri Bapak Ibu ada warga, tetangga yang memang betul-betul dalam kapasitas sebagai mustahiquz zakat tolong disampaikan ke Kantor Kemenag, tentu karena kapasitas anggaran UPZ yang dapat di recrut maka nanti akan dilakukan seleksi prioritas. Untuk asnaf yan lain dapat dipertimbangkan setelah fuqoro wal masakin,” pungkas Arief. (sna/tnf)

Kontributor : KEMENAGGK
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 97

Bagikan