MTsN 8 Bantul Gelar Pelatihan Presensi Online Dengan Zoho


MTsN 8 Bantul Gelar Pelatihan Presensi Online Dengan Zoho Jaat Siyah Riwayati, S.Pd. selaku pemateri menjelaskan dan memandu peserta pelatihan membuat presensi online menggunakan aplikasi Zoho di ruang guru MTsN 8 Bantul, Selasa (27-4-2021). Dok: Joko Purwanto
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-05-06 10:16:19

Bantul (MTsN 8 Bantul) – Pandemi covid-19 mulai Maret tahun lalu membuat pembelajaran di kelas yang sedianya tatap muka berubah menjadi daring atau online. Pembelajaran yang seharusnya antara guru dan siswa bisa langsung berinteraksi berubah dengan penggunaan aplikasi pembelajaran online seperti google classroom dan e-learning. Aplikasi video meeting untuk tatap muka hadir untuk mendukung kelancaran pembelajaran daring seperti zoom, wa room, dan lainnya. Demikian juga presensi online diterapkan untuk mengetahui dan sebagai bukti kehadiran siswa. Salah satu aplikasi presensi online yang bisa digunakan guru untuk bukti kehadiran siswa adalah Zoho.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam membuat presensi online, MTsN 8 Bantul menggelar pelatihan presensi online menggunakan aplikasi Zoho. Pelatihan digelar Selasa (27-4-2021) di ruang guru dengan pemateri guru Bahasa Jawa MTsN  8 Bantul Jaat Siyah Riwayati, S.Pd. Menurut Jaat, untuk bisa mengakses aplikasi Zoho, guru harus mempunyai akun terlebih dahulu dengan mendaftar. Selanjutnya aplikasi tersebut bisa diseting sesuai dengan keinginan seperti data apa saja yang diisi siswa ketika presensi dan bisa diunduh kapan saja. “Dengan aplikasi Zoho, guru bisa memanfaatkan untuk bukti kehadiran dan hasilnya bisa didownload” ungkap Jaat. Untuk presensi oniline menggunakan Zoho, siswa cukup mengklik link yang dibagikan dan mengisi identitas singkat.

MTsN 8 Bantul Gelar Pelatihan Presensi Online Dengan Zoho

Kepala MTsN 8 Bantul, H. Sugiyono, S.Pd. berharap dengan adanya pelatihan presensi online, siswa lebih antusias karena mudah dan guru lebih mudah dalam merekap kehadiran siswa. Sugiyono berharap semua guru di madrasah yang dipimpinnya mulai menggunakan aplikasi Zoho untuk presensi siswa. Sementara menurut salah satu guru di MTsN 8 Bantul Joko Purwanto, S.Pd. aplikasi Zoho mudah dibuat dan diaplikasikan ke pembelajaran online. Joko mulai menerapkan aplikasi tersebut untuk presensi siswa pada jadwal mengajar. “Menurut saya, aplikasi Zoho ini cukup praktis dan mudah untuk dipakai dan diunduh hasilnya” ungkap Joko (jkp).

Kontributor : MTSN8BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 59

Bagikan