Talkshow Pesantren Ramadhan MAN 1 Yogyakarta Bersama School Zone


Talkshow Pesantren Ramadhan MAN 1 Yogyakarta Bersama School Zone
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-28 23:11:26

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat mentalitas terhadap keinginan yang akan dicapai. Salah satunya, untuk mengendalikan ego. Banyak persoalan ringan menjadi berat atau sebaliknya persoalan yang berat  menjadi ringan. Kedua hal ini, tergantung pada sudut pandang dan pengendalian ego terhadap persoalan yang dihadapi.

Seperti yang diungkapkan Erik Hadi Saputra, S.Kom, M.Eng dalam  Sharing motivasi dan musik positif dalam School Zone Pesantren Ramadhan MAN 1 Yogyakarta, Rabu (28/04/2021) sore, kerjasama Radio Manajemen Qolbu(MQ) 92.3 MQFM Jogja dan Universitas Amikom Yogyakarta.  

Kegiatan ini, digelar secara luring dengan peserta terbatas di Aula lantai 2, dan secara daring via zoom meeting, serta disiarkan secara langsung melalui chanel youtube madrasah: https://www.youtube.com/watch?v=q9cF-Wm34CQ

“Mungkin persoalan hidup kita ringan, tetapi kita salah sikap dalam menghadapinya sehingga terasa berat,”ujar Motivator, yang juga Dosen Unversitas Amikom Yogyakarta itu.

Ungkapnya, manusia tidak bisa mengubah peristiwa atau persoalan yang harus dihadapi, akan tetapi ia diberi kemampuan untuk mengubah sudut pandang terhadap peristiwa itu. Maka menurutnya, untuk menghadapai persoalan, maka seseorang harus mempunyai tujuan dan keinginan yang lebih jauh.

Kalau seseorang sadar akan jauhnya tujuan dan keinginan yang akan dicapai, maka setiap kesulitan akan dihadapi dengan penuh kesabaran yang akan membuatnya lebih kuat dan bahagia.

“Ingin hidup damai bahagialah dengan apa yang kita punya. Jangan berharap orang lain memberi kebahagiaan kepada kita, tetapi kalau kita bahagia, semua akan bahagia,” ujar Kaprodi Hubungan Internasional Pasca Sarjana Universitas Amikom Yogyakarta itu.

Acara sharing motivasi dan musik positif berlangsung meriah. mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan juga dengan banyak hiburan. Antara lain, penampilan Grup Tari Saman yang tampil sebelum acara pembukaan, Grup Musik Mansakustik dan Grup Nasyid Ariza yang tampil di sela-sela kegiatan motivasi membawakan lagu-lagu religi, serta belasan doorprize  menarik untuk peserta.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Tuturnya, banyak prestasi  telah diraih oleh madrasah ini, baik akademik maupun non akademik. Untuk ia mengajak bersyukur atas karunia ini, dan tetap tawadhu’ atau rendah hati.

“Tanpa pertolongan dan izin Allah swt, tentu kita tidak mungkin mampu meraih semua itu,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Wiranto, pada kegiatan ini pula, MAN 1 Yogyakarta menerima Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1834 Tahun 2021 yang menetapkan MAN 1 Yogyakarta sebagai Madrasah Unggulan Bidang Akademik.  (dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 118

Bagikan