MIN 3 Bantul Laksanakan Ujian Madrasah Dengan Prokes Ketat


MIN 3 Bantul Laksanakan Ujian Madrasah Dengan Prokes Ketat Pelaksanaan Ujian Madrasah di MIN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-28 08:26:57

Bantul (MIN 3 Bantul). Mulai hari senin kemarin, suasana madrasah terlihat hidup saat ada peserta didik yang datang ke madrasah dan mengisi kelas-kelas yang ada. Iya, mereka datang untuk mengikuti pelaksanaan Ujian Madrasah atau yang dikenal dengan singkatan UMAD. Ujian Madrasah merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Ujian Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal.

Para peserta didik terlihat antusias berada di lingkungan madrasah, namun tetap mereka masih belum bisa melaksanakan rutinitas atau perilaku sebagaimana sebelum masa pandemi. Tampak beberapa  guru yang berjaga untuk mengkondisikan agar protokol kesehatan berjalan dengan baik, mulai penggunaan masker, mencuci tangan, tidak bergerombol, dan menjaga jarak. Hajar Utami, Ketua Panitia Ujian Madrasah menyatakan bahwa MIN 3 Bantul memberanikan diri melaksanakan ujian madrasah dengan tatap muka setelah melalui banyak pertimbangan dan diskusi bersama komite dan stakeholder yang lain. Oleh karena itu, setelah terpilih menjadi salah satu madrasah pilot projet protokol kesehatan di Bantul, kami mencoba untuk mengaplikasikan pelatihan-pelatihan yang ada untuk menunjang pelaksanaan ujian madrasah ini. Imbuhnya.

Anak-anak kelas VI harus memiliki memori yang baik di akhir studi mereka pada jenjang pendidikan dasar. Karakter yang sudah dibentuk selama 6 tahun tidak boleh rusak begitu saja karena ketakutan akan pandemi. Sudah bukan rahasia lagi jika sistem daring memiliki banyak kekurangan, terutama dalam keobyektifan hasil ujian, terlebih kita belum punya SDM yang mumpuni untuk bisa mengkondisikan atau memformat untuk meminimalisir kecurangan-kecurangan jika ujian menggunakan daring, sehingga kita memberanikan diri tatap muka agar karakter kejujuran anak tetap terjaga. Papar Hanik Nurul Hidayah, Kepala MIN 3 Bantul.

Pelaksanaan Ujian Madrasah di MIN 3 Bantul sendiri dimulai pada hari senin, 26 April 2021 dan akan berakhir pada hari senin minggu berikutnya, 3 Mei 2021.  Dalam jadwal yang ada, materi Tahfidz Al-Qur’an akan menjadi penutup rangkaian ujian yang berlangsung selama kurang lebih satu minggu ini. (agassa)

 

Kontributor : MIN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 89

Bagikan