Disambut Antusias, MAN 2 Bantul Gelar Pesantren Ramadhan Tatap Muka Terbatas


Disambut Antusias, MAN 2 Bantul Gelar Pesantren Ramadhan Tatap Muka Terbatas Para peserta pesantren ramadhan terlihat disiplin, datang sebelum waktu pembelajaran dimulai
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-27 21:06:33

Bantul (MAN 2 Bantul)- Sudah setahun lebih covid-19 belum beranjak dari bumi tercinta. Dalam kesempatan Ramadhan 1442 H  yang masih diwarnai pandemi, Kantor Wilayah Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan kebebasan kepada setiap madrasah untuk melaksanakan pesantren Ramadhan secara daring maupun luring. Dalam hal ini Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Sabdodadi memilih untuk melaksanakan kegiatan pesaron secara tatap muka terbatas. Hal ini dijadikan sebagai simulasi madrasah dalam menghadapi kegiatan pembelajaran tatap muka pada tahun pelajaran berikutnya. Tentunya kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan secara ketat demi kenyamanan bersama.

Senin (26/4/2021) menjadi hari pertama dilaksanakannya pesaron MAN 2 Bantul. Kegiatan tersebut dilangsungkan selama 8 hari, dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Siswa diwajibkan hadir 30 menit sebelum kegiatan dilangsungkan. Para peserta tampak antusias, hal ini dapat dilihat dari kedatangan mereka ke madrasah yakni pukul 07.16 beberapa siswa sudah menunggu di depan kelas.  “Saya datang lebih pagi karena belum tahu letak kelas yang akan saya tempati. Ini pertama kalinya madrasah mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas yang bersifat wajib, biasanya ketika ada kelas keterampilan, itu pun yang datang hanya beberapa siswa saja,” ucap Ersa Hendri, salah seorang siswa kelas X IPS 2.

Ersa juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, membantu dia belajar membaca Al-Qur’an, “Saya di rumah sudah sangat jarang mengaji, sehingga adanya pesaron membuat saya bersemangat mengaji dengan teman-teman, apalagi kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk saling mengenal antara satu teman dengan teman yang lain, meski waktunya hanya 2 jam saja,” ucapnya.  Adapun hal yang menjadi tujuan dilaksanakannya pesaron salah satunya ialah memperkuat ilmu agama siswa dengan pemberian materi secara intensif di bulan yang penuh keistimewaan, bulan Ramadhan. (ken)

 

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 39

Bagikan