Podcast Pesantren Ramadhan MAN 1 Yogyakarta Hadirkan Alumni Inspiratif


Podcast Pesantren Ramadhan MAN 1 Yogyakarta Hadirkan Alumni Inspiratif
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-22 14:04:21

Yogyakarta (MAN 1 Yk)—Istiqamah dalam berbuat kebaikan tidaklah mudah. Sebagaimana kondisi keimanan seseorang yang kadangkala meningkat dan kadangkala menurun. Namun demikian, setiap orang beriman harus berusaha untuk bersikap istiqamah.

Hal tersebut diungkapkan Hasman Zhafiri Muhammad Alumnus MAN 1 Yogyakarta Tahun 2016 Jurusan Keagamaan, dalam acara “Bincang santai Podcast Bersama Alumni Inspiratif Pesantren Ramadhan MAN 1 Yogyakarta”, Kamis (22/04/2021) pagi, melalui chanel youtube madrasah: https://www.youtube.com/watch?v=mmu76B4TaHQ

Alumnus yang akrab disapa Hasman ini, berhasil meraih predikat summa cum laude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif(IPK) Sempurna (4,00), Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu (27/02/2021). Ia menceritakan, setelah lulus dari MAN 1 Yogyakarta, kemudian melanjutkan studi di jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia pada tahun 2016.

Selain kuliah di UII ia juga kuliah di Universitas Negeri Islam (UIN) Sunan Kalijaga mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Tentu saja ia, harus pandai-pandai membagi waktu, tenaga dan pikiran untuk kuliah di dua perguruan tinggi tersebut.

Selama belajar di MAN 1 Yogyakarta, ia aktif di kegiatan organisasi, menjadi ketua Umum Rohani Islam 'Rohis Romansa El-Hakim' salah organisasi bidang OSIS, tahun 2015 dan kepramukaan. Bahkan, kenangnya, ia pernah membuat acara besar dan pertama di madrasah, yaitu festival anak sholeh ‘Kualitas Unggul Anak Cerdas Islami(Kuaci) yang diikuti anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an(TPA) se-DIY.

Dalam podcast yang dipandu oleh Nayla Ilma Kauna, Siswi Kelas XI Bahasa tersebut, Hasman berbagi pengalaman kunci sukses menuntut ilmu, yaitu tekun belajar, menghormati guru, menjaga hubungan baik dengan Allah swt., serta istiqamah dalam menjalankan kebaikan.

“Jangan bosan untuk belajar, hormati guru, memperbaiki hubungan kita dengan Allah, meskipun kita punya banyak ilmu, tetapi jauh dari Allah, maka diri kita akan kosong,” ungkapnya.  (dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 120

Bagikan