MTsN 5 Sleman Ikuti Sosialisasi Madrasah Digital


MTsN 5 Sleman Ikuti Sosialisasi Madrasah Digital
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-22 13:11:45

Sleman (MTsN 5 Sleman) - Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Teknologi berkembang di segala bidang tak terkecuali bidang pendidikan. Menyikapi hal tersebut, sebagai upaya menerapkan teknologi informasi pada pembelajaran, MTsN 5 Sleman sebagai salah satu madrasah yang ditunjuk sebagai piloting madrasah digital mengadakan sosialisasi untuk seluruh guru dan pegawai. Sosialisasi diadakan pada Kamis (22/04/2021) di ruang aula MTsN 5 Sleman.

Madrasah digital adalah madrasah yang menyelenggarakan pengelolaan pendidikan menggunakan aplikasi digital. Dalam konsep tersebut, perangkat digital bukanlah tujuan, melainkan alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi.

MTsN 5 Sleman Ikuti Sosialisasi Madrasah Digital

Dalam sambutannya, Etyk Nurhayati, Kepala MTsN 5 Sleman menyampaikan bahwa kegiatan hari ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti penunjukan MTsN 5 Sleman sebagai piloting madrasah digital supaya bapak ibu guru mempunyai pemahaman yang sama dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran abad 21 secara digital.

Pada kegaiatan ini, hadir sebagai narasumber Anita Isdarmini, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY. Ia memaparkan, di abad 21, digitalisasi itu sangatlah penting. Kunci utama untuk menajdi madrasah digitak yaitu dengan membenahi manajemen madrasah dan manajemen kelas. Seluruh komponen madrasah akan sangat mempengaruhi keberhasilan madrasah digital. Dibutuhkan kerjasama dan kekompakan untuk meraih keberhasilan tersebut. 

“Guru sebagai salah satu unsur keberhasilan pendidikan harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dengan baik. Perkembangan teknologi dan informasi yangs edemikian cepatnya supaya menajdi semangat bagi guru untuk terus belajar. Selain itu, guru juga harus dapat menularkan semangat belajar kepada peserta didik”, jelas Anita Isdarmini.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, hadir pula Ahmad Fauzi, Kasi Pendidikan Madrasah, Kemenag Sleman. Beliau menuturkan, sebagai madrasah yang dipercaya menjadi piloting madrasah digital, MTsN 5 Sleman supaya memperbaiki segala sarana prasarana untuk mendukung keberhasilan madrsah digital ini. Guru juga harus mempunyai komitmen yang tinggi guna menunjang pembelajaran berbasis IT. (var)

Kontributor : MTSN5SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 56

Bagikan