Siswa MAN 4 Bantul Program SKS Praktikkan Membuat Batik Teknik Shibori


Siswa MAN 4 Bantul Program SKS Praktikkan Membuat Batik Teknik Shibori Siswa menunjukan hasil karyanya
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-22 11:15:20

Bantul (MAN 4 Bantul) – Peserta didik MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) kelas 10 program Sistem Kredit Semester (SKS) mendapat kesempatan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di madrasah. Pada Senin (19/04/21) mereka mendapat materi membatik pada Mata Pelajaran (Mapel) Prakarya dan Kewirausaan (PKWU). Para peserta didik mempraktekkan pelajaran dengan membuat taplak meja mengunakan teknik Shibori. Dimana sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna sehingga menghasilkan batik yang cantik.

Guru PKWU Fransisca Listiarini memberikan teori pembuatan batik menggunakan teknik Shibori. Selanjutnya para peserta didik mempraktekkan teori tersebut dibawah pengawasan guru. Bahan prakteknya adalah kain mori polos untuk taplak meja dirubah menjadi karya yang menarik berwarna-warni. Cara yang dilakukan adalah melipat, melilit dan mengikat kain lalu mencelupkannya pada pewarna. Bahan yang digunakan untuk mengikat kain tersebut akan menahan pewarna, sehingga daerah kain di bawahnya tidak akan berubah warna.

Kepala Manembayo Singgih Sampurno melihat para peserta didik sangat antusias dengan praktek membatik mengunakan cara Shibori. Pada akhirnya mereka tahu cara membuat corak kain indah yang terlihat susah dibuat padahal sangat mudah dipraktekkan. Singgih senang anak didiknya program SKS mampu menangkap pelajaran dengan cepat. Hal yang terpenting adalah mereka mampu mengasilkan karya nyata. “Siswa Program SKS menunjukkan progres yang sangat bagus. Semoga mereka tetap semangat belajar,” ujar Singgih. (uun) 

Tetap Sehat dan Tetap Semangat Lawan Covid-19

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 101

Bagikan