Tausiah Alma: Jangan Pernah Puas menjadi Orang Soleh


Tausiah Alma: Jangan Pernah Puas menjadi Orang Soleh
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-08-31 20:45:29

Sleman ( MAN 1 Sleman) - Jangan pernah puas menjadi orang saleh. Menjadi orang yang saleh itu berati baru sebatas menjadi orang baik pada dirinya sendiri, tetapi kita harus menjadi orang yang muslih. Muslih itu tidak hanya menjadi orang baik terhadap dirinya sendiri melainkan juga harus baik secara sosial. Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat terhadap orang lain.

Demikian uraian  tausiah Ustazah Almaratus Sholihah,  peserta  Akademi Sahur Indosiar (AKSI) 2019  Indosiar yang saat ini sedang menempuh program Pacasarjana UIN Kalijaga Yogyakarta. Alma, panggilan akrab dari Ustazah muda ini menjelaskan, menurut kitab Ihya Umuluddin karya Imam Al Ghazali, ada dua definisi orang baik di dalam kitab itu, yakni saleh dan muslih. "Dan dari dua dimensi definisi itu kemudian mencuatkan  perbedaan yang jelas," ungkapnya lebih lanjut. Orang saleh menurut Imam Ghazali adalah orang yang baik secara pribadi. Sedangkan oleh muslih adalah orang yang baik secara pribadi serta sosial,” terang Alma.

Tausiah Alma: Jangan Pernah Puas menjadi Orang Soleh

Kalian menjadi orang salih itu belum cukup, kalian jangan puas menjadi orang yang saleh. Mari kita terapkan kesolehan kita kepada orang lain agar bisa bermanfaat. "Bukankah sebaik-baik muslim itu, yang bermanfaat kepada manusia lainnya," tambahnya.

Tausiah tersebut disampaikan dalam acara pengajian jelang 1 Muharram tahun 1441 H di halaman MAN 1 Sleman, Sabtu (31/8). Acara pengajian yang diselenggarakan oleh Forum Dakwah (Forda) MAN 1 Sleman mengambil tema“ Merajut Ukhuwah menjadi Pribadi Islami.”

Nailul Wafa, siswa kelas XI MIPA 2 sebagai Ketua panitia, mengucapkan terima kasih kepada Madrasah yang telah memfasilitasi terselenggaranya acara semaan Alquran dan pengajian. “Kami mengajak teman-teman MAN 1 Sleman untuk mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya, selain itu marilah kita manfaatkan momentum 1 Muharram ini dengan banyak membaca Alquran," ungkap Nailul.

Dalam sambutannya Abdul Ghofur, Kepala Madrasah menjelaskan bahwa semaan Alquran ini diselenggarakan untuk membiasakan para siswa agar selalu cinta Alquran. "Membaca Alquran adalah wujud nyata cinta kepada Alquran. Selanjutnya Ghofur mengutip arti ayat Alquran surat Al A’rof 204, "Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” Kemudian beliau juga mengutip arti Alquran surat Al Fussilat ayat 26, “Dan orang-orang yang kafir berkata, Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan Alquran ini dan buatlah hiruk-pikuk terhadapnya, supaya kamu dapat mengalahkan mereka." Maka marilah kita ikuti semaan ini dengan baik tenang," paparnya. (smn)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 186

Bagikan