Pesantren Ramadan Virtual, MAN 5 Sleman Selenggarakan Pengajian Kelas Daring


Pesantren Ramadan Virtual, MAN 5 Sleman Selenggarakan Pengajian Kelas Daring Tangkapan layar Pengajian Kelas secara Daring
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-19 11:45:17

Sleman (MAN 5 Sleman) – Menyambut bulan penuh barokah, bulan suci Ramadan 1442 H, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman mengadakan Pesantren Ramadan Virtual. Di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum memungkinkan untuk kegiatan tatap muka di madrasah, maka kegiatan Pesantren Ramadan dilaksanakan secara daring dari rumah masing-masing.

Salah satu rangkaian kegiatan Pesantren Ramadan MAN 5 Sleman 1442 H adalah Pengajian Kelas secara Daring. Dilaksanakan pertama kali Senin (19/04), masing-masing kelas X dan XI mengadakan pengajian tersebut dalam pertemuan virtual melalui google meet. Dipandu oleh wali kelas, Pengajian Kelas telah dipersiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan. Adapun susunan acara tersebut adalah pembukaan, pembacaan ayat suci al-Quran, pembacaan sari tilawah, sambutan ketua kelas atau yang mewakili, sambutan wali kelas, kultum oleh siswa, dan tausiyah oleh guru yang bertugas dengan beberapa tema yang berbeda.

Dimulai setelah pembelajaran daring berakhir, pukul 10.30 hingga selesai, para siswa bergabung dalam pertemuan virtual dan mengikuti setiap susunan acara yang sudah ditentukan. “Pada kegiatan Pesantren Ramadan 1442 ini, kami juga menagadakan pengajian kelas yang bertujuan untuk menyemarakkan bulan suci ramadan, sebagai sarana tholabul ‘ilmi, serta menguatkan tali silaturahim guru dan siswa, mengingat sudah lama warga madrasah tidak bertemu karena pandemi.” Ungkap Ketua Panitia Pesantren Ramadan MAN 5 Sleman, Munji Jakfar, M.Pd.I.

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad berharap Ramadan 1442 H ini bisa memberikan kesan dan pesan yang mengena di hati para siswa meskipun di tengah kesibukan pembelajaran daring. Aris juga menyampaikan, pembagian tugas pengajian pada siswa sesuai peran masing-masing juga menjadi sarana latihan untuk tampil percaya diri di depan umum.

“Pesantren Ramadan yang diselenggarakan MAN 5 Sleman khususnya pengajian kelas ini sangat bagus. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menanamkan nilai moral dan spiritual lebih dalam lagi. Meskipun kondisi serba terbatas, yakni masih di masa pandemi tetapi para siswa tetap antusias mengikuti secara virtual yang sebelumnya dilaksanakan di rumah siswa secara bergilir. Akan tetapi, masih ada beberapa siswa yang tidak bisa mengikuti karena keterbatasan sinyal dan kuota internet, serta gawai yang kurang mendukung.” Ujar Andini Setiari, S.Si wali kelas X IPS-3 ditemui secara daring seusai pengajian kelas.

Pengajian kelas virtual diadakan dua kali selama seminggu setiap hari Senin dan Rabu. Selain pengajian kelas, beberapa rangkaian kegiatan Pesantren Ramadan MAN 5 Sleman di antaranya bimbingan tahsin daring, pengajian nuzulul quran, pembagian zakat, serta pemberian materi kupat dan sungkeman. (fat)

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 171

Bagikan