Kanwil Kemenag DIY Lakukan Sosialisasi Zona Integritas di MAN 3 Bantul


Kanwil Kemenag DIY Lakukan Sosialisasi Zona Integritas di MAN 3 Bantul Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas oleh Kanwil Kemenag DIY di MAN 3 Bantul, Kamis (15/4).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-15 11:42:00

Bantul (MAN 3 Bantul) – Zona integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi/lembaga pemerintah yang berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan melakukan reformasi birokrasi.

Kementerian Agama (Kemenag) sebagai salah satu kementerian/lembaga berusaha untuk melakukan reformasi birokrasi, khususnya terkait dengan ZI, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Salah satu satuan kerja di Kemenag yang tergetkan untuk meraih ZI adalah madrasah.

Kanwil Kemenag DIY Lakukan Sosialisasi Zona Integritas di MAN 3 Bantul

Melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, sebanyak 159 satuan kerja madrasah di seluruh Indonesia telah ditetapkan menjadi “Madrasah Pilot Project Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM Tahun 2021”. MAN 3 Bantul menjadi salah satu madrasah yang ditetapkan dalam keputusan tersebut. MAN 3 Bantul telah merencanakan dan melakukan berbagai kegiatan guna persiapan pembangunan ZI di madrasah.

Sebagai langkah awal, MAN 3 Bantul telah melakukan studi banding ke MAN 2 Yogyakarta, Jumat (9/4). Kemudian, acara Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas-Wilayah Bebas KorupsI pada Madrasah (ZI-WBK) dengan narasumber Dini Meiyanti, S.E. (Analis Kebijakan Sub. Bag. Ortala dan Kerukunan Umat, Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY) juga diselenggarakan di Aula MAN 3 Bantul, Kamis (15/4).

Drs. H. Syamsul Huda, M.Pd. selaku Kepala MAN 3 Bantul menjelaskan bahwa MAN 3 Bantul telah ditetapkan sebagai salah satu madrasah pilot project ZI. “MAN 3 Bantul dituntut untuk mengikuti regulasi yang ada agar tetap eksis dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Dalam Islam, Zona Integritas dapat dihubungkan dengan nahi munkar, berusaha agar semuanya baik dan benar, lurus.” Kata Syamsul Huda, ketika sambutan dalam acara.

Narasumber acara, Dini Meiyanti, S.E. memaparkan terkait prosedur dan tahap-tahap dalam rangka menuju ZI. “Lima langkah strategi membangun ZI antara lain komitmen, kemudahan menyediakan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi, serta manajemen media. Dalam ZI terdiri dari komponen pengungkit antara lain perubahan, SDM, tata laksana, pengawasan, pelayanan publik, dan akuntabilitas. Selain itu, komponen hasil antara lain peningkatan pelayanan publik dan pemerintahan yang bersih dan KKN,” ujar Dini Meiyanti dalam paparan sosialiasi. (rez)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 31

Bagikan