Santri Darul Qur’an Borong Empat Kejuaraan di STQ DIY 2021


Santri Darul Qur’an Borong Empat Kejuaraan di STQ DIY 2021
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-11 22:17:27

Gunungkidul (PPDQWI) – Dalam rangka meningkatkan ghirah membaca, menghafalkan dan mentadabbur isi dan kandungan al-Quran, Pemerintah Daerah DIY bersama Kanwil Kemenag DIY menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Daerah XXVI DIY Tahun 2021 pada Jumat-Sabtu (9-10/4) di lingkungan Kantor Gubernur DIY, komplek Kepatihan Yogyakarta. Meskipun masih dalam suasana pandemi, kegiatan STQ tahun 2021 ini berjalan lancar dan berlangsung sangat sederhana.

Kepala Bagian Bina Mental dan Sarana Keagamaan Setda DIY Djarot Margiantoro dalam sambutannya mengungkapkan bahwa secara umum kegiatan berjalan lancar, meskipun sederhana “Untuk tahun ini STQ berlangsung sederhana, tidak ada kegiatan seremonial, pawai ta’aruf, pameran dan lainnya. Demikian agar kita bisa tetap menjaga protokol kesehatan cegah covid-19,” ungkap Djarot saat menutup secara resmi STQ XXVI DIY 2021.

Santri Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad yang ikut dalam kegiatan tersebut mewakili kafilah Kabupaten Gunungkidul berhasil meraih empat kejuaraan yakni atas nama Rizal Ali Mukmin berhasil meraih juara 1 kategori hafalan 100 hadits putra, Ratu Sheba Sofie Ahimsa berhasil meraih juara 1 kategori hafalan 100 hadits putri, Mutiara Roudlotul Jannah berhasil meraih juara 3 kategori tahfidz 30 juz putri dan M Faqih Haikal Mufti berhasil meraih juara 3 kategori tahfidz 10 juz putra. Selain itu, cabang lain juga diraih oleh kafilah Gunungkidul yakni cabang tilawah anak-anak putri berhasil meraih juara 3 dan cabang tahfidz 5 juz dan tilawah putri berhasil meraih juara 2.

Pendamping kafilah Anwarudin, S.Pd.I, mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya, “Alhamdulillah kegiatan STQ tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, meskipun tidak seperti biasanya karena pandemic covid-19. Tiga santri Darul Qur’an berhasil meraih kejuaraan, dua diantaranya meraih juara 1 dan Insya Alloh akan mewakili DIY maju ketingkat nasional di Maluku Utara," ungkapnya.

Kontributor : MADQWONOSARI
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 77

Bagikan