Tingkatkan Kompetensi Guru dan Kepala: MIN 3 Bantul Fasilitasi Pelatihan PTK dan PTS


Tingkatkan Kompetensi Guru dan Kepala: MIN 3 Bantul Fasilitasi Pelatihan PTK dan PTS Seminar PTK dan PTS di MIN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-08 14:10:56

Bantul (MIN 3 Bantul) Salah satu upaya peningkatan profesionalisme guru dapat dilakukan dengan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara berkesinambungan. Penelitian ini sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran dikelasnya. Guru menjadi reflektif  dan kritis terhadap apa yang guru dan siswa lakukan sehingga meningkatkan kinerja guru menjadi semakin profesional. Hal terpenting dalam penelitian tindakan kelas adalah tidak mengganggu tugas pokok seorang guru karena tidak perlu meninggalkan kelasnya.

Adapun dalam ruang lingkup yang lebih luas, terdapat istilah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang biasanya dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas. Tujuannya adalah memperbaiki kondisi saat ini yang terjadi di sekolah, meningkatkan mutu isi, masukan, proses, hasil pendidikan, manajemen dan pembelajaran termasuk mutu guru khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang mampu menciptakan siswa yang kreatif, inovatif, pemecah masalah, berpikir kritis, dan bernaluri kewirausahaan.

Tingkatkan Kompetensi Guru dan Kepala: MIN 3 Bantul Fasilitasi Pelatihan PTK dan PTS

Tingkatkan Kompetensi Guru dan Kepala: MIN 3 Bantul Fasilitasi Pelatihan PTK dan PTS

Bertolak dari perihal diatas, atas inisiatif dari beberapa guru dan kepala Madrasah d daerah Pajangan dan sekitarnya, maka dilaksanakanlah pelatihan pembuatan PTK dan PTS di MIN 3 Bantul. Kami berusaha membuat media yang dapat dijadikan wahana berlatih dan belajar bagi para guru “pemula” dalam penulisan penelitian. Ini memang tidak mudah, namun kami berkomitmen untuk bisa agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada. Kata Hanik Nurul Hidayah, Kepala MIN 3 Bantul.

Kamis pagi (8/4), sekitar 20 guru dan kepala Madrasah di daerah Pajangan dan sekitarnya melaksanakan Seminar konsep PTK dan PTS di Aula MIN 3 Bantul. Sebelumnya mereka telah mengikuti kurang lebih empat kali pelatihan sebelum mempresentasikan PTK dan PTS yang mereka buat pada hari ini. Titik Faizah salah satu peserta seminar PTK menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena memfasilitasi guru-guru yang notabene masih minim dalam hal penelitian, sehingga kita dapat melaksanakan salah satu tugas guru untuk meningkatkan kompetensi profesional dengan optimal. (agassa)

Kontributor : MIN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 61

Bagikan