Guru MIN 1 Gunungkidul Gunakan Kahoot sebagai Media Evaluasi Pembelajaran


Guru MIN 1 Gunungkidul Gunakan Kahoot sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran siswa yang Menyenangkan di MIN 1 Gunungkidul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-07 15:16:44

Gunungkidul (MIN 1 Gunungkidul) – Pembelajaran yang menyenangkan sudah banyak dilakukan oleh para guru, namun evaluasi pembelajaran biasanya tetap menjadi hal yang menegangkan. Tidak bagi Muhammad Akyas guru Fiqih MIN 1 Gunungkidul, ia menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan evaluasi sudah dicobakan kepada siswa kelas 5 dalam kegiatan evaluasi pelajaran Fiqih.

Pada Rabu (07/04/2021) Akyas mengajak semua siswa di kelasnya untuk membuka aplikasi Kahoot guna mempersiapkan evaluasi pembelajaran. Materi yang diujikan adalah Fiqih bab Haji dan Umrah. Aplikasi Kahoot semacam kuis, hanya saja aplikasi ini lebih lengkap karena guru dapat memantau jalannya kuis dari jauh. Awalnya guru membagikan kode agar siswa dapat tergabung dalam aplikasi, kemudian siswa langsung mengerjakan soal yang berupa pilihan ganda. “Saya mencoba mencari metode yang menyenangkan dalam evaluasi agar siswa aktif mengikuti pembelajaran,” ujar Akyas.

Guru MIN 1 Gunungkidul Gunakan Kahoot sebagai Media Evaluasi Pembelajaran

“ Kreatif dan Inovatif,” tutur Fuatul Khakim selaku Kepala MIN 1 Gunungkidul, melontarkan pujian kepada guru Fiqih. “Aplikasi Kahoot menjadi media evaluasi yang menyenangkan bagi anak didiknya. Selesai memilih setiap jawaban pada soal, siswa akan langsung mendapat umpan balik di handphonenya. Bagi anak yang menjawab paling cepat dan tepat akan mendapat poin tertinggi sehingga anak terpacu untuk terus berkonsentrasi. Hasil dan rangking juga akan muncul pada setiap pertanyaan yang membuat aplikasi ini menarik karena siswa terus melakukan kejar-kejaran poin. Saya berharap di MIN 1 Gunugkidul, guru yang lain untuk mau dan bisa menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak didik selalu senang dan lebih bersemangat dalam belajar,”pungkasnya. (tsa/tnf)

Kontributor : MIN1GK
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 36

Bagikan