Siswa MAN 3 Bantul Antusias Ikuti Bimbingan UTBK


Siswa MAN 3 Bantul Antusias Ikuti Bimbingan UTBK Bimbingan dan Pendampingan UTBK bagi siswa kelas XII MAN 3 Bantul dilaksanakan Selasa-Sabtu (6-10/4).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-04-06 11:39:39

Bantul (MAN 3 Bantul) – Siswa kelas XII MAN 3 Bantul mulai Selasa (6/4) sampai Sabtu (10/4) mendapatkan Bimbingan dan Pendampingan UTBK. Bimbingan dan Pendampingan UTBK merupakan program yang disiapkan secara khusus untuk kelas XII dalam rangka memfasilitasi dan memberikan suplemen siswa terkait materi-materi yang akan diujikan dalam UTBK. Program yang disiapkan mencakup materi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA), baik TPA Sains-Teknologi (Saintek) dan TPA Sosial-Humaniora (Soshum).

MAN 3 Bantul menyiapkan guru-guru yang kompeten untuk membimbing siswa terkait materi UTBK. Kelas yang disiapkan antara lain kelas Saintek dan Soshum. Sebelumnya, siswa kelas XII dari semua jurusan (IBB, MIPA, IPS, dan Keagamaan) didata untuk mengelompokkan sesuai dengan tes yang akan diikuti dalam UTBK. Kemudian, siswa bergabung dalam kelas sesuai dengan tes yang akan diikuti, Saintek atau Soshum.

Dalam pelaksanaannya, siswa menyambut dengan baik dan antusias program Bimbingan dan Pendampingan UTBK yang disiapkan oleh MAN 3 Bantul. Program ini mendapatkan apresiasi dari siswa karena dinilai memfasilitasi siswa dalam belajar terkait materi UTBK. “Saya mengikuti bimbingan UTBK karena ingin mempersiapkan diri lebih baik sebelum tes UTBK. Dengan adanya program pendampingan UTBK dari madrasah, saya dan teman-teman mendapatkan materi-materi yang akan diujikan dalam UTBK,” kata Savita, siswa kelas XII IPS 2 yang ikut dalam program Pembimbingan dan Pendampingan UTBK.

Guru yang ditugaskan dalam program Bimbingan dan Pendampingan UTBK juga telah dipersiapkan dengan matang, baik secara teknis kegiatan maupun materi bimbingan. Dalam rapat persiapan program Bimbingan dan Pendampingan UTBK, Senin (5/4), seluruh guru yang terlibat dalam kegiatan mendapatkan pengarahan terkait teknis kegiatan. Masing-masing guru juga telah mempersiapkan materi bimbingan dengan baik, sesuai dengan pembagian materi bimbingan sebelumnya.

“Saya telah mempersiapkan dengan baik materi yang akan disampaikan kepada siswa. Terkait materi bimbingan, saya mengarah untuk memberikan latihan soal dan pembahasan materi-materi, khususnya geografi yang saya ampu.” Jelas Guru Geografi, Yani Tri Harsiwi, S.Pd. setelah memberikan Bimbingan dan Pendampingan UTBK bagi siswa yang bergabung dalam kelompok Soshum 1.

Sumarna, M.Pd. selaku Wakil Kepala MAN 3 Bantul Bidang Kurikulum, dalam kesempatan Pertemuan Paguyuban Orang Tua/Wali Siswa, Kamis (1/4), memaparkan bahwa MAN 3 Bantul telah menyiapkan program khusus untuk siswa kelas XII dalam rangka persiapan UTBK. “Kami telah mempersiapkan Bimbingan dan Pendampingan UTBK, khusus kelas XII. Sehingga diharapkan siswa dapat lebih siap dalam mengikuti tes UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) mulai Senin (12/4).” papar Sumarna kepada orang tua/wali siswa kelas XII. (rez)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 131

Bagikan